Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin saat membuka saat peluncuran Simitrasumut.com, pada acara Kick Off Sumut Linkpreneur, di Medan, Selasa (27/2/2024). (Foto: Humas Pemprov Sumut)

MNEWS.co.id – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) kembali mengukuhkan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan dan pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayahnya.

Melalui inisiatif terbaru, Pemprov Sumut meluncurkan platform digital bernama Simitrasumut.com yang dirancang untuk mendorong pertumbuhan dan pengembangan UMKM lokal.

Platform ini diharapkan menjadi solusi bagi para pelaku UMKM dalam mengakses informasi, menjalin kemitraan, dan meningkatkan daya saing di era digital.

“Platform ini, kami percaya akan menjadi sarana yang sangat berharga. Kehadiran Simitrasumut.com adalah langkah positif dalam mendukung pertumbuhan dan pengembangan UMKM,” ujar Penjabat Gubernur Sumut Hassanudin, usai peluncuran Simitrasumut.com, pada acara Kick Off Sumut Linkpreneur, di Medan, Selasa (27/2/2024).

Menurutnya, melalui platform ini, para pelaku UMKM akan memiliki akses mudah untuk berbagi informasi, berkolaborasi dan mengakses sumber daya yang diperlukan, untuk meningkatkan kinerja dan daya saing bisnis.

“Simitrasumut.com, yaitu aplikasi yang menjadi sarana sangat berharga dan menjanjikan proses kemitraan yang lebih efektif dan efisien, dalam memfasilitasi keterhubungan dan kerja sama antar-UMKM, serta berbagai pihak terkait dalam ekosistem bisnis di Sumut,” kata dia.

Dia menambahkan, untuk mendukung program kemitraan, Pemprov Sumut siap untuk memberikan dukungan penuh bagi pengembangan program kemitraan usaha ini, baik dalam bentuk kemudahan berusaha maupun pemberian insentif fiskal bagi pelaku usaha yang melakukan kemitraan, seperti pengurangan pajak daerah.

“Inovasi Pemprov Sumut melalui Dinas Koperasi dan UMKM Sumut dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mendorong kolaborasi antar-UMKM, Usaha Besar Menegah (UBM) dan stakeholder usaha lainnya, akan memperkuat ekosistem bisnis lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya lagi.

Selain itu, Hassanudin mengajak seluruh kabupaten/kota agar ikut mendukung program ini, dengan memberikan kemudahan berusahaan dan juga insentif fiskal, bagi pelaku usaha yang bermitra sesuai dengan kewenangan yang ada.

”Dengan semangat dan komitmen bersama, saya yakin program kemitraan usaha di Sumut akan menjadi salah satu pendorong utama bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Sumut,” ujarnya.

Ketua Umum Apindo Shinta Widjaja Kamdani mengatakan dengan adanya Simitrasumut.com, wilayah ini diharapkan dapat menjadi inisiator awal dan bisa memfasilitasi lebih banyak para pelaku UMKM.

“Data Kementerian Koperasi UMKM mayoritas 99 persen bisnis di Indonesia berada di level UMKM dengan kontribusi sebesar 61,9 persen terhadap PDRB, dan menyerap 97 persen tenaga kerja lokal, kita harus memberikan perhatian khusus bagi pelaku UMKM tulang punggung perekonomian Indonesia,” kata dia.

Menurutnya, sinergi Apindo dan Dinas Koperasi UMKM Sumut ini diharapkan memberikan manfaat secara riil bagi pelaku UMKM di Sumut, untuk naik kelas, memiliki pangsa pasar yang luas, hasil produknya bersaing, serta manajemen yang lebih baik untuk keberlanjutan usaha.

“Kami harus berkolaborasi meningkatkan kapasitas UMKM untuk menjadi tangguh dan andal, kita jaga iklim usaha untuk lebih baik agar cita cita besar visi Indonesia 2045 menjadi negara kekuatan ekonomi ke empat terbesar di dunia bisa tercapai, dengan tumbuhnya ekonomi Indonesia 6 persen sampai 7 persen yang didukung oleh sektor UMKM,” ujarnya pula.