Ilustrasi UMKM Kerajinan Tangan. (Foto: Istimewa/AyoBandung)

Purwakarta, MNEWS.co.id – Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat memiliki sejumlah produk unggulan yang menjadi ciri khas daerah tersebut, diantaranya produk kuliner dan produk kerajinan. Daerah itu memiliki banyak produk kuliner dan kerajinan yang bisa menjadi buah tangan para pengunjung.

Diantara produk kuliner dan kerajinan tangan yang diproduksi para pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Kabupaten Purwakarta itu adalah Sate Maranggi, Simping Kaum, Peuyeum Bendul dan Keramik Plered.

Ahmad Nizar, Kepala Bidang UKM, Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian mengatakan sebenarnya banyak masih banyak produk UKM di Purwakarta baik kerajinan tangan mau pun dari kuliner, di antaranya empat produk itu.

Tanah liat yang menjadi bahan baku Keramik Plered cukup melimpah, begitu pun singkong yang menjadi bahan baku Peuyeum Bendul. Untuk produk Simping Kaum hingga saat ini masih tetap produksi, begitupun dengan Sate Maranggi, pasarnya semakin menggeliat. Selain itu di tengah pandemi, soal pemasaran tidak menjadi kesulitan yang signifikan para UKM tetap berproduksi.

“Kami dari Pemkab Purwakarta terus mendorong dalam perkembangan UKM tersebut. Apalagi Keramik Plered telah berhasil eskpor ke mancanegera. Hal ini bertujuan agar perekonomian masyarakat dapat terus tumbuh,” katanya.

Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta dalam hal pengembangan sektor wisata ini tak hanya sampai di sana. Melalui dinas terkait, pemerintah terus mendorong supaya berbagai sektor wisata bisa terus berkembang. Karena potensi pariwisata di wilayah tersebut memang cukup melimpah. Sehingga, hal itu sudah menjadi komitmen jajaran Pemkab yang dipimpin Bupati Anne Ratna Mustika untuk mengembangkan potensi wisata yang ada, termasuk wisata kuliner dan kerajinan tangan.

“Untuk kawasan desa wisata, kami punya lokasi unggulan. Yakni, Kampung Tajur. Lokasi desa wisata ini berada di Kampung Tajur, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Bojong. Saat ini, juga ada beberapa lokasi yang akan diciptakan menjadi desa wisata. Masih kita survei,” kata Kadisporaparbud Purwakarta, Agus Hasan Saepudin.

Agus memaparkan saat ini pihaknya terus meninjau seluruh tempat yang dianggap potensial untuk dikembangkan jadi obyek wisata. Karena hampir seluruh desa di wilayahnya memiliki potensi pariwisata yang bisa dikembangkan, baik wisata alam maupun wisata buatan.

Potensi-potensi wisata di Kabupaten Purwakarta harus dikelola dengan maksimal, baik oleh pemerintah ataupun masyarakat sekitar. “Dengan memaksimalkan pengembangan potensi wisata, dipastikan akan membuat roda perekonomian masyarakat juga turut meningkat. Karena, dipastikan akan melahirkan ekonomi kreatif di masyarakat,” ujar Agus.