Polisi berjaga di pos penyekatan di Jakarta Saat PPKM Darurat. (Foto: TMC Polda Metro Jaya)

Jakarta, MNEWS.co.id – Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlevel (levelling) untuk menangani pandemi virus corona (Covid-19) di luar Jawa-Bali mulai 5 Oktober sampai 18 Oktober 2021. Terdapat enam kabupaten/kota yang masih berstatus PPKM Level 4.

“Perpanjangan PPKM di luar Jawa diusulkan untuk dua minggu ke depan yaitu 5-18 Oktober dengan cakupan enam kabupaten/kota sebelumnya 10 kabupaten/kota,” kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto melalui konferensi pers secara virtual, Senin (4/10).

Airlangga memaparkan enam daerah yang masih PPKM Level 4 antara lain, Kabupaten Pidie, Kabupaten Bangka, Kota Padang, Kota Banjamasin, Kabupaten Bulungan, dan Kota Tarakan.

Untuk PPKM Level 3 diterapkan di 44 kabupaten/kota. Sebelumnya ada 108 daerah. Sementara status PPKM level 2 meningkat 292 kabupaten/kota dari sebelumnya 249 daerah. Sementara PPKM Level 1 naik menjadi 44 kabupatan/kota, sebelumnya 18 daerah.

“Terkait jenis pembatasan kegiatan masyarakat di periode 5-18 Oktober tetap sama PPKM periode sebelumnya dan pengendalian PTM sesuai SKB menteri,” ujarnya.

Aktivitas lain yang ikut disesuaikan ialah dibukanya pusat kebugaran atau gym. Dalam perpanjangan PPKM kali ini, kapasitas di tempat gym maksimal 25%. Pengunjung harus menerapkan protokol kesehatan, juga melakukan screening melalui aplikasi PeduliLindungi.

Satu hal yang menjadi catatan terkait perpanjangan PPKM. Pembukaan fitness hanya berlaku di wilayah aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, Solo Raya, Semarang Raya, Yogyakarta, dan Surabaya Raya.

Dalam penanggulangan Covid-19 sebelumnya pemerintah mengkategorikan sejumlah kabupaten/kota dalam level 1-4 berdasarkan indikator penilaian yang ditetapkan.

Indikator yang dihitung di antaranya jumlah kasus Covid-19, kematian, kesembuhan, testing dan tracing, keterisian tempat tidur rumah sakit, hingga capaian jumlah warga yang sudah menerima dosis vaksin Covid-19 di wilayah masing-masing tersebut.