Ottopay, Aplikasi untuk Optimalkan Pembayaran Bisnis UMKM

Rasti R | 30 September 2019, 16:05 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id - Transaksi digital yang ditandai dengan kehadiran perusahaan fintech, terbukti berkontribusi pada pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Hasil data terbaru dari Lembaga Demografi UI menunjukkan, sinergi antara pertumbuhan UMKM dan transaksi digital yang menyediakan fitur pembayaran non tunai, berhasil meningkatkan rata-rata omzet penjualan hingga 55% dengan kontribusi transaksi hingga Rp 1,7 triliun per tahun.

Untuk mendorong akses pembiayaan lembaga keuangan untuk menentukan kelayakan pinjaman uang kepada para pelaku UMKM, PT Reksa Transaksi Sukses Makmur memperkenalkan aplikasi Ottopay untuk pedagang dan pelaku UMKM.

Aplikasi ini menjadi solusi pembayaran yang terintegrasi, menghubungkan penjual dan pembeli di Indonesia agar bertransaksi dengan lebih mudah, aman, dan nyaman melalui QR code. Satu QR Ottopay yang dimiliki pedagang dapat digunakan untuk menerima beragam pembayaran melalui aplikasi pembayaran yang telah bekerja sama dengan Ottopay dengan mekanisme pembayaran yang bisa melalui aplikasi JakOne, Ottocash, Brispay, True Money dan OCBC NISP. Untuk proses top up saldo, Ottopay sudah bekerja sama dengan Bank Ina, Bank Mandiri, Alfamart, dan akan dikembangkan untuk bank dan kanal lainnya. Mulai Desember 2019 kode QR yang digunakan Ottopay akan mengikuti standarisasi QR Indonesian Standard (QRIS) demi memperluas pembayaran non tunai.

Direktur PT RTSM Grace Sunarjo mengatakan transaksi digital dapat menghemat waktu, karena pelanggan hanya perlu memindai kode QR saja dan pedagang tidak perlu repot mencari uang kembalian. Penggunaan kode QR juga dapat meminimalisasi atau mengurangi antrean pelanggan. Setelah dilakukan pembayaran, nominal uang otomatis akan menjadi omzet pedagang.

Selain itu terdapat riwayat transaksi keuangan yang masuk dan keluar serta top up dari bank. Keuntungan lainnya, yaitu dapat menambah penghasilan pedagang melalui fitur layanan pembayaran tagihan berupa pulsa, voucher game, token listrik, PDAM , BPJS, dan produk digital lainnya.

Metode pembayaran digital jauh lebih aman dibandingkan tunai karena pembayaran digital memiliki data dan alur yang lebih jelas, sehingga dapat ditelusuri jika terjadi kehilangan.

Berdasarkan hal ini tim Ottopay perlu mengedukasi para pelaku UMKM agar dapat mengoptimalkan penggunaan transaksi digital. Mitra Ottopay dapat mengandalkan tenaga sales representative yang siap membantu dalam segala hal terkait aplikasi Ottopay.

Tentang Penulis
Rasti R
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar