Penandatanganan kerjasama Wali Kota Bogor bersama Tokopedia dan PNM di Gebyar UMKM Juara Kota Bogor dan Agribisnis Festival 2019 di Bogor, Sabtu (28/9/19). (Foto : RadarBogor)
Penandatanganan kerjasama Wali Kota Bogor bersama Tokopedia dan PNM di Gebyar UMKM Juara Kota Bogor dan Agribisnis Festival 2019 di Bogor, Sabtu (28/9/19). (Foto : RadarBogor)

Bogor, MNEWS.co.id – Pemerintah Kota Bogor bekerja sama dengan Tokopedia dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM), dalam meningkatkan pemasaran dan permodalan untuk para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Bogor. Penandatanganan kerjasama itu dilakukan oleh Bima Arya selaku Wali Kota Bogor, bersama dengan perwakilan Tokopedia dan PNM di sela pembukaan Gebyar UMKM Juara Kota Bogor dan Agribisnis Festival 2019 di Lapangan Kampus IPB Baranangsiang, Bogor, Sabtu (28/9/19).

Bima mengatakan, kerja sama ini menjadi langkah dalam mengembangkan peningkatan UMKM di Kota Bogor. Persoalan yang dihadapi UMKM, dari hulu ke hilir selain pemasaran juga pada aspek produksi dan permodalan. “Kolaborasinya jangan setengah-setengah tapi harus penuh dan sungguh-sungguh. Dan ini sering saya ingatkan di setiap acara UMKM Kota Bogor. Ini yang harus dimaksimalkan dengan melihat kondisi eksisting dan potensi yang sudah ada,” katanya.

Dalam meningkatkan dan mengembangkan UMKM, Pemerintah Kota Bogor tidak bisa melakukannya secara sendiri tapi butuh dukungan pihak lain yang berkompeten di bidang permodalan, produksi dan pemasaran. Saat ini, Dinas Koperasi dan UKM Kota Bogor telah melakukan kolaborasi namun menurutnya belum dilakukan secara maksimal.

“Saya ingin clear, dari Pemkot Bogor porsinya apa, perusahaan atau corporate porsinya apa, koperasi porsinya apa, perbankan porsinya apa. Sehingga nantinya menjadi kebanggaan bersama ketika di akhir memberikan hasil yang positif dan signifikan. Pada intinya kerja ‘keroyokan’ ini harus memiliki arti bagi UMKM,” ungkap Bima. Sementara itu, belum lama Kota Bogor meluncurkan label ‘100% Bogor Pisan’ bagi produk asli buata Kota Bogor yang sebagian sudah merambah ke luar Kota Bogor.

Selain menjalin kerjasama dengan Tokopedia dan PNM, para pelaku UMKM di Kota Bogor yang terdiri dari Yuyun Suhartini, Novi Natalia dan M Reza juga mendapatkan bantuan hibah dari Kementerian Koperasi yang penyerahannya dilakukan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bogor Anas Rasmana.