Jakarta, MNEWS.co.id – Pemerintah resmi memberlakukan PPKM darurat yang berlaku pada 3-20 Juli 2021 di Jawa dan Bali. Penerapan ini tentu akan kembali membawa dampak bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang sedang perlahan bangkit dari pandemi yang telah melanda sejak awal 2020.
Penyebaran Covid-19 yang cepat memang merubah interaksi antara bisnis dan pelanggan. Agar bisa bertahan, bisnis pun perlu beradaptasi dan mengubah strategi salah satunya melalui penjualan online.
Melalui penjualan online, pelaku usaha dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan tak terbatas. Dengan begitu aktivitas online juga bisa dijadikan strategi pemasaran untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak lagi.
Langkah antisipasi yang dilakukan oleh pelaku UMKM dengan mengoptimalkan pemasaran online dapat menjadi langkah strategis untuk meminimalisir dampak pemberlakuan PPKM Darurat terhadap kelangsungan usaha.
Simak beberapa strategi pemasaran online produk UMKM yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha seperti yang dikutip dari Koinworks.
Mengevaluasi Target Pasar
Pertama-tama, Anda harus mengevaluasi kembali target pasar bisnis Anda. Target pasar bisa siapa saja, tapi harus dipersempit. Anda tidak bisa menyenangkan semua orang. Tentukan target bisnis Anda apakah pria atau wanita, umur berapa, tinggal di daerah mana, dan bagaimana dengan daya belinya.
Dengan mengetahui target pasar akan menentukan cara Anda berkomunikasi di channel bisnis online. Sesekali Anda dapat menawarkan layanan dalam bentuk dukungan kepada pelanggan yang membutuhkan bantuan.
Mengubah Jangkauan Distribusi
Kebijakan pembatasan di sebuah wilayah tentu berpengaruh pada distribusi barang nantinya. Misalnya, bisnis Anda terletak di Jakarta, kemudian jika Jakarta lockdown, tentu saja produk Anda tidak bisa dikirimkan ke luar wilayah DKI. Tidak hanya distribusi barang kepada pelanggan saja, namun juga distribusi produk dari supplier sampai ke tangan Anda yang mungkin akan terganggu.
Jangan lupa untuk membuat analisis risiko dari perubahan jangkauan distribusi ini terhadap perilaku konsumen. Perubahan ini juga berlaku pada produk yang sering dicari oleh konsumen. Bisa jadi, kondisi seperti ini akan berlangsung lebih lama.
Buat Promosi Penjualan yang Tepat
Jika Anda dapat mengembangkan strategi pemasaran produk yang paling tepat digunakan dalam situasi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan di tengah krisis masa pandemi.
Dengan sendirinya, pelanggan akan datang sendiri kepada bisnis Anda. Sebaiknya, gunakan media digital saat melakukan promosi karena pelanggan lebih banyak menghabiskan waktu dan beraktivitas di rumah.
Bangun Komunikasi
Saluran media sosial adalah cara pemasaran dengan berbiaya rendah namun dapat secara efektif membangun kesadaran merk serta hubungan dengan target pelanggan. Pilih media yang sesuai dengan target pelanggan seperti Facebook, Instagram dan LinkedIn melayani tujuan yang sangat berbeda.
Jadilah pintar dalam menentukan pilihan dan pikirkan jenis konten yang akan kamu bagikan. Menggunakan platform yang spesifik untuk bisnis merupakan strategi pemasaran online yang memudahkan pelanggan untuk menemukan dan berinteraksi dengan bisnis kamu secara online.
Di era sekarang, kehidupan manusia hampir tidak bisa dipisahkan dari aktivitas online atau internet, oleh karena itu strategi pemasaran online atau strategi marketing online menjadi suatu hal yang diandalkan dalam bisnis.