Nasi Kulit Ayam, Hobi Hingga Menjadi Bisnis yang Menghasilkan Rezeki
Tampilan Produk Nasi Kulit Mak Judes. (Foto: Nasi Kulit Mak Judes)

Jakarta, MNEWS.co.id – Saat ini bisnis kuliner terus berkembang dan semakin banyak menyajikan menu unik serta menawarkan cita rasa yang khas. Salah satu menu unik tersebut adalah kulit ayam goreng yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah camilan lezat.

Yang menarik dari kuliner satu ini, selain mudah dibuat di rumah, camilan kulit ayam juga kaya akan variasi rasa maupun penggunaan bumbu. Rasa asin dan pedas biasanya menjadi padanan yang pas untuk menikmati camilan tersebut.

Memiliki hobi menyukai kuliner khas Indonesia yang kaya akan rempah-rempah, membuat Meidiana Margaretha memulai usaha Nasi Kulit Mak Judes. Menurutnya, nasi kulit memiliki peluang usaha yang dapat dikembangkan dengan menggunakan bahan utama yakni kulit ayam. Usaha Nasi Kulit Mak Judes sudah berjalan sejak Oktober 2019 yang dibangunnya bersama sang suami, David Sutanto.

Meidiana mengatakan bahwa dirinya sangat menikmati sekaligus belajar dalam menjalankan bisnis tersebut. Kepuasaan konsumen yang menyukai produknya menjadi kebahagiaan tersendiri baginya.

“Kalau diingat awal kami merintis usaha ini, itu butuh perjuangan salah satunya bekerja dari pagi sampai malam tiap hari. Tapi hal itu bisa terobati dengan melihat pelanggan puas dengan produk saya,” katanya.

Untuk tetap bertahan dan bersaing dengan kompetitor, Meidiana selalu mengutamakan mutu dan kualitas produk serta berinovasi mengembangkan produknya. Terlebih di kondisi pandemi saat ini, penerapan protokol kesehatan untuk karyawan menjadi hal yang penting agar kualitas makanan dan kemasan tetap terjaga dan aman.

Pada tahap produksi, Meidiana selalu mengecek terlebih dahulu bahan baku yang baru datang dari supplier agar keamanan produk terjamin.

Untuk strategi pemasaran, Ia juga mengandalkan platform digital untuk memperluas usahanya. Saat ini Meidiana memasarkan produk usahanya melalui media Instagram. Meidiana juga membuat giveaway dan kuis berhadiah bagi para konsumennya, hal ini dilakukannya untuk membangun interaksi dengan konsumen agar tetap loyal.

Meidiana menambahkan bahwa saat ini dirinya berencana untuk mengembangkan bisnis dengan menghadirkan brand baru yaitu ‘Warung Ekonomis (Wareko)’. Tujuannya adalah Ia ingin mengembangkan makanan khas rumahan yang higienis, hemat, namun rasanya tetap enak.

Selain itu, Meidiana juga akan membuka beberapa cabang baru salah satunya di Kota Semarang dan memperluas market usahanya dengan menjual snack kulit ayam crispy.

Dengan menghadirkan lebih banyak cabang Nasi Kulit Mak Judes, Meidiana berharap dapat membuka lapangan pekerjaan baru di tengah masa sulit saat ini. Karena Ia meyakini dengan terus mencoba dan tidak pantang menyerah dapat memberikan semangat tersendiri bagi dirinya dan sesama pelaku UMKM lainnya untuk tetap bertahan di tengah masa pandemi.

Editor: Regina Mone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here