Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat mengunjungi Minangkabau Halal Festival di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), Jumat (8/9/2023). (Foto: Dok/Kemenparekraf)

MNEWS.co.id – Indonesia, sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, memiliki potensi besar dalam industri produk halal.

Salah satu upaya untuk memperkuat posisi Indonesia sebagai episentrum produk halal dunia adalah melalui penyelenggaraan acara-acara seperti Minangkabau Halal Festival.

Festival ini tidak hanya mempromosikan produk halal dari pelaku usaha Sumatra Barat, tetapi juga berkontribusi pada pengembangan ekonomi lokal, promosi wisata, dan pemahaman lebih dalam tentang konsep halal di kalangan masyarakat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi penyelenggaraan event Minangkabau Halal Festival yang akan memperkuat Kota Padang, Sumatra Barat sebagai episentrum produk-produk halal dunia.

“Kita harus jadi episentrum dari produk-produk halal dunia dan kita jadikan Padang sebagai pencipta peluang usaha dan lapangan kerja lewat Minangkabau Halal Festival, dan peserta UMKM terberdayakan,” ungkap Sandiaga saat mengunjungi Minangkabau Halal Festival di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), Jumat (8/9/2023). 

Sandiaga mengatakan, event yang digelar pada 8-10 Septermber 2023 ini banyak melibatkan pelaku UMKM yang ada di Padang dan sekitarnya, khususnya dari kalangan mahasiswa.

Oleh karena itu, Sandiaga berpesan agar mahasiswa senantiasa jeli dalam melihat peluang usaha yang dapat dikembangkan. Sehingga peluang usaha dan lapangan kerja bisa semakin terbuka serta membangkitkan perekonomian.

“Saya sangat berbahagia bisa hadir di sini, melihat para pelaku UMKM dan wirausaha muda memberikan kontribusi terhadap ekonomi dan penciptaan lapangan kerja. Sehingga generasi muda harus mampu menciptakan peluang dan jadilah pemenang, mulailah dari sekarang, jangan ditunda-tunda,” katanya.