Ilustrasi produk cokelat Krakakoa. (Foto: Dok/Bank DBS Indonesia)

MNEWS.co.id – Beragam produk cokelat lokal nusantara mulai dari biji kakao hingga cokelat batang produksi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dikenalkan di Pameran Internasional Bali Interfood 2023 yang berlangsung pada Kamis (7/9/2023) di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC).

Cokelat menjadi bahan dasar untuk beragam olahan kuliner, maka tidak heran jika produk ini diminati oleh banyak kalangan. Bali Interfood 2023 membuktikan bahwa UMKM lokal Nusantara memiliki potensi besar dalam industri cokelat olahan.

Produk-produk cokelat yang dihadirkan oleh UMKM ini tidak hanya lezat, tetapi juga mempromosikan kekayaan rasa Indonesia.

Seperti terlihat pada booth “Beans to Bar Chocolate of Indonesia” yang berada dalam pameran ini, yang menampilkan ragam hasil perkebunan cokelat, mulai dari bahan mentah hingga menjadi produk cokelat batang siap santap.

Ragam produk cokelat nusantara ini dikenalkan oleh para pelaku UMKM yang berasal dari sejumlah wilayah di tanah air.

Salah satunya Ubud Raw, yang mengolah bahan cokelat dari perkebunan petani lokal di provinsi Bali. Ubud Raw memperkenalkan beragam produk cokelat seperti bubuk kakao dan juga mentega kakao yang biasa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kue.

Pihak Ubud Raw mengatakan, produknya kerap dinikmati wisatawan mancanegara, khususnya dark chocolate.

“Jadi tamu-tamu luar, dia kan lebih pecinta sama dark chocolate ketimbang white chocolate. Tapi kalau orang lokal, mereka lebih suka white chocolate. Makanya kami di sini juga menyediakan keduanya, jadi kami market nya bisa orang bule dan lokal,” ujar Ayu Ranta perwakilan dari Ubud Raw.

Ada juga jenama Cau Chocolate yang menghadirkan ragam produk organik, mulai dari cokelat batang dan juga bubuk maupun biji kakao yang telah dipanggang.

Destiana, Marketing Communication Cau Chocolate mengatakan jika potensi cokelat di Bali  sangat banyak, namun yang membedakan produknya adalah konsep organik yang diterapkan mulai dari pembibitan hingga hasil akhir berupa finished goods

Cau Chocolae memiliki pasar lokal maupun nasional hingga mancanegara. Produk cokelat organik asli Bali ini pun telah menembus pasar Asia dan Eropa.

Bali Interfood 2023 berlangsung hingga Sabtu (9/9/2023). Jika kamu sedang mengunjungi Bali atau berada di sekitar area pameran, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi ragam produk cokelat olahan UMKM lokal ini.