Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki di Festival UMKM kumparan 2021, Kamis (28/10/2021). (Foto: kumparan)

Jakarta, MNEWS.co.id – Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki mengungkapkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia selalu memiliki peranan penting dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia. Bahkan, tak tanggung-tanggung, lebih dari setengah PDB Indonesia disumbangkan dari sektor UMKM.

“UMKM berkontribusi terhadap 61 persen PDB Indonesia, menyerap 97 persen tenaga kerja. Dilihat dari data tersebut, UMKM memegang peranan strategis dalam perekonomian Indonesia,” jelas Teten dalam keynote speech di acara Festival UMKM kumparan, Selasa (26/10/2021).

Karena memiliki peranan strategi, Teten terus mengajak pelaku UMKM untuk terus berinovasi dan optimistis dalam menjalankan usahanya.

Lebih lanjut, Teten menjelaskan, selama pandemi COVID-19, ekonomi digital di Indonesia terus tumbuh. Sehingga, ia pun berharap para pelaku UMKM bisa naik kelas dengan memanfaatkan transformasi digital, serta menyokong pemulihan perekonomian yang sempat terpuruk akibat pandemi.

“Sepanjang pandemi COVID-19, ekonomi digital Indonesia menunjukkan tren yang sangat positif. Pendapatan ekonomi digital menyentuh angka 44 miliar US dolar atau setara Rp 640 triliun, dan memiliki potensi senilai 124 juta US dolar atau kurang lebih sebesar Rp 1.700 triliun di tahun 2025,” ungkap Teten.

“Terhubung ke dalam ekosistem digital, tidak hanya membuat UMKM bertahan, namun juga tumbuh dan berkontribusi langsung pada perekonomian nasional. Transformasi digital menjadi kunci memulihkan dan membangkitkan sektor UMKM,” imbuhnya.

Selain itu, Teten juga mengakui pandemi COVID-19 juga mendorong munculnya inovasi-inovasi dan perubahan secara signifikan bagi pelaku UMKM.

Ia pun yakin melalui kegiatan seperti Festival UMKM ini nantinya dapat membangun solusi dan inovasi kreatif, terutama dalam menyiapkan future SMEs atau UMKM masa depan yang memiliki daya saing tinggi.

“Pandemi telah mengakselerasi disrupsi digital dan menghadirkan banyak inovasi serta solusi teknologi untuk kemudahan masyarakat umum. Atas dasar itu, saya berharap hadirnya Festival UMKM dapat memunculkan ide-ide kreatif, inovasi, serta solusi bagi UMKM dalam mempersiapkan the future SMEs Indonesia,” tuturnya.