Jakarta, MNEWS.co.id – Facebook resmi berganti nama menjadi Meta. Perubahan ini diumumkan langsung oleh Mark Zuckerberg di ajang Connect 2021.
CEO Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan perusahaannya, Facebook Inc., kini memiliki nama baru, yakni Meta Platforms Inc. atau disebut Meta. Nama tersebut merupakan rebranding dari fokus perusahaan yang kini tak lagi mau jadi sekadar media sosial, tetapi juga hendak membuat dunia virtual yang disebut metaverse.
Metaverse sendiri merupakan istilah yang diciptakan dalam novel dystopian “Snow Crash” yang dipublikasi pada tiga dekade lalu. Istilah metaverse merujuk secara luas pada gagasan tentang dunia virtual bersama yang dapat diakses oleh orang-orang yang menggunakan perangkat yang berbeda.
“Saat ini, merek kami terkait erat dengan satu produk sehingga tidak mungkin mewakili semua yang kami lakukan hari ini, apalagi di masa depan,” kata Zuckerberg dalam event Facebook Connect 2021 pada Jumat (29/10/2021) dini hari WIB, menjelaskan alasan di balik rebranding perusahaan.
Zuckerberg mengatakan, nama Meta berasal dari kata Yunani yang berarti ‘melampaui’. Nama ini melambangkan selalu ada lebih banyak untuk dibangun oleh perusahaan. Dia pun mengatakan nama baru itu mencerminkan bahwa seiring waktu, pengguna tidak perlu menggunakan Facebook untuk memakai layanan perusahaan lain dalam keluarganya.
Zuckerberg memastikan perubahan nama ini tidak akan mengubah nama dari aplikasinya. Meta akan menjadi induk yang menaungi Facebook, Instagram, WhatsApp dan lainnya.
“Saat ini, merek kami terkait erat dengan satu produk, sehingga tidak mungkin mewakili semua yang kami lakukan hari ini, apalagi di masa depan,” ujarnya.
Meta menyebut bahwa rebranding yang mereka lakukan akan menyatukan berbagai aplikasi dan teknologi di bawah satu merek baru. Rebranding ini pun disebut tidak akan mengubah struktur perusahaan.
Perubahan nama perusahaan Facebook menjadi Meta tak mengagetkan karena The Verge telah membocorkan rencana ini pada pekan lalu. Sebelum mengubahnya, Facebook juga pernah melakukan rebranding logo baru khusus perusahaan untuk membedakan diri dari aplikasi media sosialnya.