Menkop UKM Teten Masduki Apresiasi Platform NTB Mall Bawa Produk UMKM Tembus Pasar Global. (Foto: Kemenkop UKM)

Jakarta, MNEWS.co.id – Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menargetkan agar produk-produk unggulan Nusa Tenggara Barat (NTB) mayoritas bisa menembus pasar global. Salah satunya melalui adanya platform e-commerce Provinsi NTB yakni, NTB Mall.

“Infrastruktur NTB Mall sudah baik. Semua produk seharusnya juga bisa masuk ke sini. Jadi biar lebih mudah mereka meraih pasarnya. Bahkan bisa masuk juga menjadi penyuplai hotel-hotel di NTB,” kata Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki.

NTB Mall terdiri dari dua bagian yakni NTB Mall offline berisi display produk UMKM yang berada di kota Mataram. Kedua, melalui aplikasi ntbmall.com yang menjadi marketplace provinsi. Dalam aplikasi tersebut ditampilkan berbagai macam produk UMKM NTB mulai dari kuliner, fesyen hingga kerajinan tangan (craft).

“Saat ini, target market dari NTB Mall sendiri sudah banyak yang menembus pasar global alias berorientasi ekspor,” ujarnya.

Menteri Teten turut didampingi Deputi Bidang UKM Kemenkop UKM Hanung Harimba Rachman dan Staf Khusus Menkop UKM Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Fiki Satari. Selain itu juga dihadiri Kepala Dinas Perdagangan NTB Fathurrahman, dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM NTB Ahmad Masyuri.

“Produk UMKM yang sudah ada NTB Mall juga bisa diintegrasikan dengan platform e-katalog milik Kemenkop UKM bertajuk SMEsta.Id mana platform ini menjadi panduan para investor dalam mencari produk-produk unggulan Indonesia kualitas ekspor,” tambah Teten.

Ia menambahkan bahwa saat ini kurang lebih ada sekitar 2.000 produk UMKM NTB tergabung dan telah terkurasi di SMEsta.id. Menkop Teten ingin produk unggulan ekspor dari NTB Mall ini juga bergabung di sana, sehingga akses pasarnya lebih luas.

Tak hanya itu, dalam mengembangkan produk unggulan NTB, lanjut Teten, juga siap memberikan pendampingan, pembiayaan serta akses pasar. Untuk itu Iameminta, setiap produk harus memiliki kemasan dan konsep yang menarik.

“Ini menjadi daya tarik investor. Apalagi NTB sebentar lagi akan menggelar event Internasional MotoGP Mandalika 2022, yang menjadi peluang bagi produk unggulan NTB untuk menarik market yang lebih besar lagi,” pungkasnya.