Nasi Lemang khas Sumatera. (Foto: kulinernasional.com)

Jakarta, MNEWS.co.id – Dalam menyambut bulan Ramadan, masyarakat di Indonesia memiliki kebiasaan dan keberagaman melalui acara dan tradisi yang selalu menimbulkan kerinduan yang mendalam. Termasuk juga dalam urusan makanannya.

Mungkin salah satu yang membuat momen Ramadan jadi istimewa adalah beragamnya menu buka puasa populer khas Indonesia. Berikut ini adalah beberapa ragam makanan yang bisa kamu jumpai di bulan Ramadan di berbagai daerah.

1. Lemang
Lemang adalah makanan khas Sumatera yang terbuat dari beras ketan yang dimasak dalam seruas bambu, setelah sebelumnya digulung dengan selembar daun pisang.

2. Sotong Pangkong
Sotong Pangkong biasa dikonsumsi warga Pontianak saat Ramadan. Sesuai dengan namanya, Sotong Pangkong merupakan kuliner yang berbahan dasar daging cumi yang diolah dengan cara dipanggang dimana sebelumnya daging cumi dipukul-pukul terlebih dahulu hingga pipih.

3. Asida
Asida merupakan makanan khas Maluku yang hanya ada di bulan Ramadan. Asida ini terbuat dari terigu, gula merah, kapulaga, daun pandan dan kayu manis. Asida merupakan makanan yang berasal dari Jazirah Arab. Terdapat perbedaan komposisi pada asida Timur Tengah dan asida lokal khas Maluku.

4. Bubur Kampiun
Bubur kampiun adalah bubur khas dari Sumatra Barat yang terbuat dari campuran ketan putih yang dikukus, bubur putih atau bubur sumsum, bubur ketan hitam, kolak pisang/ubi, bubur kacang hijau atau kacang padi dan bubur conde atau candil.

5. Kicak
Kicak dibuat dari ketan yang ditumbuk halus, dicampur dengan gula, parutan kelapa muda, nangka muda, serta daun pandan dan vanili. Semua bahan yang dicampur menjadi satu dikukus. Kue khas Ramadan ini memang pas saat berbuka puasa, terlebih rasanya yang manis dan beraroma khas.

6. Mie Glosor
Mie glosor ini merupakan makanan yang berasal dari Bogor. Berbeda dengan mie pada umumnya yang terbuat dari tepung terigu, Mie Glosor terbuat dari tepung singkong atau aci yang dicampur dengan kunyit sehingga menghasilkan tekstur yang licin. Dengan tampilannya yang berwarna kuning terang dan bentuk yang lurus serta tidak bergelombang.

7. Kolang-Kaling
Kolang-kaling adalah nama camilan kenyal berbentuk lonjong dan berwarna putih transparan dan mempunyai rasa yang menyegarkan. Kolang-kaling ini dibuat dari biji pohon aren yang berbentuk pipih dan bergetah. Kolang-Kaling biasanya sangat populer dan menjadi makanan favorit saat bulan Ramadan.

Bulan Ramadan selalu identik dengan berbagai makanan khas tradisional. Tidak hanya kolak saja, nyatanya masih banyak menu buka puasa tradisional yang khas dari berbagai daerah di Indonesia.