Ilustrasi Kopi Indonesia. (Foto: Unsplash/Mike Kenneally)
Ilustrasi Kopi Indonesia. (Foto: Unsplash/Mike Kenneally)

Jakarta, MNEWS.co.id – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meyakini bahwa saat ini merek kopi Indonesia, mampu bersaing dengan kopi internasional. Menurutnya kualitas serta citra rasa kopi Indonesia lebih baik dari luar negeri.

Hal tersebut disampaikan oleh Teten saat menghadiri acara bertajuk Kopi Penyangga Bumi di M Bloc Space, kawasan Blok M, Jakarta Selatan. “Kita harapkan produk lokal bisa meningkat dari segi volume bisnisnya, asalkan dikonsep dengan baik maka akan memiliki value yang tinggi,” katanya.

Dalam mendorong perkembangan kopi lokal, Teten mendukung aset-aset pemerintah yang dapat dimanfaatkan untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Salah satunya adalah M Bloc Space yang dijadikan sebagai marketplace untuk berbagai produk, seperti kuliner, fashion, termasuk kedai kopi.

Teten juga terus berupaya mencari lahan pemerintah yang kosong lainnya atau kurang dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai lahan serupa. Misalnya, untuk pasar malam, desa wisata, dan sejenisnya.

Sementara itu Handoko Hendroyono, CEO M Bloc Space serta penggagas Kopi Penyangga Bumi, mengatakan bahwa M Bloc tumbuh dan berkembang. Selain itu juga mendukung merek lokal hadir dan eksis.

“Kita harus bersatu, berkolaborasi seluruh stake holder (BUMN, masyarakat dan lain-lain) untuk memajukan brand lokal,” katanya.

Teten menambahkan pihaknya juga terus membuat kolaborasi event-event kopi, bukan hanya di M Bloc Space, tetapi juga di banyak tempat di Jakarta Selatan. Sehingga, turis-turis asing akan banyak berwisata kopi di Jakarta Selatan dengan narasi yang berbeda.

Direktur Utama Peruri Dwina Septiani Wijaya mengatakan, sebagai BUMN Peruri memiliki tanggungjawab untuk memajukan serta mendorong masyarakat agar mampu meningkatkan kesejahteraan kehidupannya.

“Acara Kopi Penyangga Bumi ini merupakan kolaborasi Rumah Kreatif BUMN Karawang dengan Creative Hub M Bloc, diharapkan semakin banyak BUMN maupun swasta yang tertarik berkolaborasi memajukan petani kopi di Indonesia dan menjadikan kopi Indonesia memiliki nilai jual di tingkat dunia,” harap Dwina.

Peruri bersama M Bloc, sangat terbuka untuk mengakomodir kolaborasi kreatif dari berbagai komunitas dalam mewujudkan gagasan para milenial maupun industri kreatif untuk meningkatkan peran UMKM dalam memajukan perekonomian Indonesia.