Ilustrasi. (Foto: iStock)

MNEWS.co.id – Mayoritas penduduknya yang beragama muslim menjadikan Ramadan sebagai salah satu momen perayaan besar di Indonesia. Seperti sudah menjadi tren tersendiri jika di momen perayaan Ramadan masyarakat Indonesia akan lebih konsumtif dalam berbelanja.

Melihat hal itu, banyak pemilik usaha atau brands yang berlomba-lomba melakukan promosi untuk memenangkan banyak hati konsumen selama Ramadan.

Google merilis data berupa insights/trends yang terjadi selama bulan Ramadan guna membantu pelaku UMKM atau pihak yang berkepentingan untuk lebih efektif dan efisien dalam menjalankan pemasaran secara digital.

Apa saja insights yang diberikan oleh Google? MNews.co.id merangkumnya sebagai berikut.

  • Promosikan produk secara online atau digital campaign 2 minggu sebelum Ramadan sampai sepekan memasuki momen Idul Fitri.
  • Di bulan Ramadan, masyarakat Indonesia mengalami peningkatan dalam melakukan pencarian konten spiritual seperti jadwal puasa, larangan puasa, kultum, zakat, infaq, dan shodaqoh. Pencarian tersebut meningkat rata-rata 30% setiap tahunnya.
  • Masyarakat Indonesia banyak menonton video di Youtube mulai dari pukul 3-4 pagi, dan puncaknya pada siang hari (11 AM) dan malam hari (9 PM dan 2 PM). Hal ini bisa menjadi pertimbangan ketika akan melakukan pemasangan iklan (ads) secara digital.
  • 46 juta jam video spiritual Ramadan ditonton di Youtube selama bulan Ramadan, meningkat 1,5x dibandingkan bulan biasa.
  • Selama bulan Ramadan trafik online shopping meningkat 100%, sedangkan trafik di Mall meningkat 50%.

Rilisan data insights dari Google di atas dapat dijadikan pertimbangan atau panduan bagi pelaku usaha ketika akan melakukan promosi selama bulan Ramadan.