Jakarta, MNEWS.co.id – Meesho merupakan sebuah marketplace yang menghubungkan penjual dengan pelanggan di platform media sosial seperti WhatsApp, Instagram, dan Facebook. Startup yang kini berusia empat tahun ini mengklaim sudah memiliki jaringan lebih dari 2 juta reseller yang sebagian besar berada pada bidang pakaian, peralatan rumah tangga dan barang-barang elektronik.
Firman selaku Account Manager Meesho menjelaskan bahwa, pada tanggal 15 November 2019 Meesho akan hadir di Indonesia dengan misi yaitu menggaet 100 juta pengguna. Menurutnya, kedatangan Meesho ke Indonesia merupakan salah satu solusi untuk para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk membangun bisnis mereka.
Meesho telah bekerja sana dengan lebih dari 25.000 supplier dan dapat mengirimkan pesanan sebanyak 150.000 setiap harinya. Selain itu Indonesia juga merupakan negara ekspansi pertama Meesho selain India.
Meesho hadir pertama kali pada tahun 2015 yang awalnya bernama FashNear lalu berubah menjadi Meri Shop atau lebih dikenal dengan Meesho.

Firman menjelaskan cara kerja Meesho yaitu dimulai dari seller yang akan memasukan produknya pada aplikasi Meesho, selanjutnya Meesho akan mempromosikan produk yang memiliki kualitas serta fungsi terbaik. Setelah itu reseller akan membagikan produk tersebut melalui Whatsapp, Instagram dan Facebook sehingga para pembeli akan melakukan transaksi melalui platform tersebut.
Selanjutnya, reseller akan memesan barang melalui Meesho dan akan mencantumkan alamat pembeli, dan Meesho akan memberitahu kepada seller sekaligus mengatur jadwal kurir untuk menjemput pesanan. Seller pun akan menyiapkan paket pesanan dan memberikan kepada kurir pengiriman hingga produk sampai ke pembeli.
“Untuk menjadi reseller Meesho, para pelaku usaha tidak akan dikenakan modal mahal saat melalui bisnis dan bisa dilakukan dirumah tanpa harus repot memikirkan pengiriman barang,” tambah Firman dalam ‘Talkshow: Jualan Lebih Mudah Lewat Meesho’ yang diadakan di Kantorkuu Coworking & Office Space Citywalk Gajah Mada, Selasa (5/11/19)
Firman menambahkan bahwa Meesho merupakan salah satu perusahaan yang memiliki pengaruh besar di India terhadap perdagangan online. Meesho juga mendapatkan pendanaan dari SEQUOIA dan Facebook juga mempercayakan secara langsung bisnisnya kepada Meesho.
Perbedaa Meesho dengan e-commerce lain adalah memiliki komunitas reseller tersendiri dan selalu di maintenance secara langsung. Selain itu, Meesho juga mempunyai bisnis akademik khusus untuk para resellernya.
Firman pun berharap, dengan hadirnya Meesho di Indonesia dapat membangun dan membantu para pelaku usaha khususnya pelaku UMKM.
Saya suda pakai meesho, tapi alamat saya tidak bisa di layani
Saya uda bergabung di messho
Saya mau tanya
Bagaimana saya menghubungi messho
Tampa telpon
pakai email kak alamat emailnya [[email protected]]
Ass,saya baru bergabung dengan meesho indonesia,produk meesho bagus, cara menggunakan applikasinya mudah dicernah kita bisa menampilkan logo toko online kita,tapi msh banyak terkendala orderan yang tidak sesuai dengan gambar,semoga MEESHO Indonesia tetap jaya selamanya…semangat..!!!
gimna caranya ingin menjadi seller di apk meesho
Sy sudah daftar jd diseller tp sy terkendala memasuk kan alamatpelanggan sy tolong di bantu cara nya wilayah dan kota sumatra utara tdk terdaftar di buku panduan meesho.
bs dibantu ibu ?
ass,saya baru bergabung di meesho udh ada yg beli tpi engirimannya aga lama klu bisa pengiriman nya di per cepat biar pelanggan ga pada komplen
Terima kasih meesho..Saya pertama belajar jualan online dimeesho.Alhamdullah udah Ada yg laku .tp mohon barang yg dikirim ke pelanggan harus sesuai gambar .kdg konsumen komplain.semiga meesho semkin mantap..mkasih