Ilustrasi pelajar perempuan. (Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Jakarta, MNEWS.co.id – PT Amartha Mikro Fintek (Amartha), fintech peer-to-peer (P2P) lending yang berfokus pada pemberdayaan perempuan lewat akses permodalan, meluncurkan program Beasiswa Amartha Cendekia, yaitu beasiswa yang memberikan santunan pendidikan senilai Rp147 juta kepada pelajar perempuan terpilih yang berada di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sederajat.

Tahun 2022 menjadi tahun pertama dijalankannya program Beasiswa Amartha Cendekia seiring dengan semangat Hari Kartini yang diperingati di tanggal 21 April. Beasiswa ini bertujuan untuk mendukung penciptaan karakter perempuan generasi muda yang intelektual dan berkualitas melalui akses pendidikan, agar masa depan mereka lebih sejahtera. 

Aria Widyanto, Chief Risk and Sustainability Officer Amartha, mengatakan, Amartha melihat fakta di lapangan yang menunjukkan banyak anak perempuan usia pelajar dari lapisan piramida terbawah, terpaksa tidak bisa sekolah karena keterbatasan dana.

Umumnya, lanjut Aria, orang tua akan mengutamakan pendidikan bagi anak laki-laki, sedangkan anak perempuan akan bersekolah apabila ada dana lebih. Jika tidak ada dana lebih, anak perempuan akan dinikahkan di usia muda. Amartha menyadari bahwa anak perempuan juga harus memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan akses pendidikan serta meraih cita-cita.

“Oleh sebab itu, beasiswa ini kami khususkan bagi pelajar perempuan, agar mereka berkesempatan untuk lebih sukses dan terhindar dari pernikahan anak,” ungkap Aria dalam keterangan tertulis yang diterima oleh redaksi MNEWS.co.id.

Aria Widyanto, Chief Risk & Sustainability Officer Amartha menjelaskan program Beasiswa Amartha Cendekia dalam kegiatan Iftar Dinner Amartha 2022, Jakarta (20/4/2022). (Foto: Amartha)

Beasiswa Amartha Cendekia sejalan dengan visi besar Amartha yaitu ‘Prosperity for Everyone’, di mana Amartha senantiasa berupaya untuk menghadirkan kesejahteraan merata, salah satunya dengan penyediaan beasiswa pendidikan.

Program beasiswa ini direncanakan untuk dapat terus berjalan hingga lima tahun ke depan dan mampu menyalurkan bantuan pendidikan total mencapai 8,5 miliar rupiah.

Melalui beasiswa ini, Amartha memberikan santunan pendidikan senilai Rp3 juta bagi pelajar perempuan terpilih serta pendampingan pendidikan selama satu tahun. Selain itu, ada juga tambahan beasiswa senilai Rp5 juta bagi siswa yang berhasil melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi dengan prestasi yang baik.

Prof. Euis Amalia, M.Ag, Dewan Pengawas Syariah Amartha yang ditemui dalam kegiatan Iftar Dinner Amartha turut menyampaikan dukungannya akan pelaksanaan program Beasiswa Amartha Cendekia.

Menurut Euis, sudah semestinya perempuan memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk mengenyam pendidikan, berkarir, dan mengejar cita-citanya.

“Bahkan dalam Islam pun, kedudukan laki-laki dan perempuan itu setara. Jadi akses pendidikan, layanan keuangan, serta kesempatan untuk berkarya antara laki-laki dan perempuan itu harus sama. Dengan membuka kesempatan bagi perempuan untuk meraih asa, saya percaya akan lebih banyak keluarga Indonesia yang lebih sejahtera,” ujar Euis.

Apa yang dilakukan Amartha, lanjut Euis, bisa menjadi awal kontribusi untuk mencetak Kartini-Kartini tangguh di masa mendatang, karena perempuan berkontribusi dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas melalui pendidikan.

Beasiswa Amartha Cendekia terbuka untuk umum, sehingga dapat diikuti baik oleh para mitra binaan Amartha yang memiliki anak perempuan usia pelajar, maupun non-mitra Amartha. 

Bagi peminat Beasiswa Amartha Cendekia, persyaratan dari beasiswa ini yaitu pelajar merupakan siswi SMA/MA/SMK sederajat, anak dari mitra maupun non-mitra di daerah operasional Amartha, sedang menempuh kelas 11, dan mengirimkan informasi rapor, esai motivasi serta sertifikat prestasi yang pernah diraih.

Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengisi link bit.ly/amarthacendekia. Peserta akan diseleksi oleh tim Amartha dan pengumuman akan dilaksanakan pada Juli 2022.