Ilustrasi UMKM. (Foto: R Rekotomo)

Sukabumi, MNEWS.co.id – Pemerintah Kota Sukabumi berupaya memperluas promosi produk usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Di antaranya dengan menggulirkan program Little Sukabumi di sejumlah kota besar di Indonesia.

Langkah ini diawali dengan kegiatan Focus Group Discussion dan Sosialisasi Program Little Sukabumi di Hotel Horison Sukabumi, Rabu (30/9/20) yang diadakan oleh Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kota Sukabumi. Acara yang dibuka oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi diikuti oleh para pengusaha travel, retail, termasuk para pendamping UMKM.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian, Ayi Jamiat menjelaskan bahwa Little Sukabumi merupakan tempat yang diproyeksikan diisi dengan berbagai produk unggulan UMKM Kota Sukabumi.

Little Sukabumi juga menyediakan ruang bertemu antara UMKM dengan para calon konsumen dari luar kota, termasuk memiliki ruang untuk menampilkan seni budaya Sukabumi. Saat ini, pihaknya tengah bekerja sama dengan Sukabumi Creative Hub untuk mendesain Little Sukabumi.

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi  mengatakan saat ini ada sekitar 7.000 pelaku UMKM yang terdaftar. Namun biasanya antara yang terdaftar dan tidak lebih banyak yang belum terdaftar. Hal ini menunjukkan Sukabumi miliki potensi dalam UMKM dan kalau tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan kerawanan sosial

”Dinas Kopdagrin melakukan penggalangan di fase recovery ekonomi fokus pada UMKM melakukan penyehatan dan penguatan naik kelas,” kata Fahmi. Salah satu program yang diluncurkan Little Sukabumi yang dimunculkan melalui tahapan FGD lebih dahulu.

Little Sukabumi akan dibuka diluar kota bekerja sama dengan Pemerintah Daerah lain. Salah satu kerja sama yang kini tengah dijajaki adalah dengan Pemerintah Kota Bandung. Fahmi juga menargetkan Little Sukabumi dapat dibuka di kota besar lainnya seperti Jakarta dan Bali.

Ia menambahkan Little Sukabumi merupakan salah satu upaya untuk membuat UMKM naik kelas dan memperluas jangkauan pemasarannya. Selain itu Pemerintah Kota Sukabumi, pada tahun ini akan memfasilitasi PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) untuk UMKM, sebagai upaya lainnya dalam memajukan UMKM Kota Sukabumi.