Ilustrasi produk UMKM Lampung. (Foto: Lampung Post)

MNEWS.co.id – Selain sebagai hari raya yang penuh makna, Iduladha juga memberikan dampak positif bagi sektor UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di berbagai daerah, termasuk Lampung.

Libur panjang Iduladha memberikan kesempatan bagi pelaku usaha lokal untuk meningkatkan aktivitas bisnis mereka dan turut mendongkrak perputaran ekonomi UMKM di Lampung. 

Pengamat Ekonomi Universitas Lampung (Unila), Asrian Hendi Caya menilai, tingginya mobilitas masyarakat pada momen libur panjang Iduladha memberikan peluang bagi UMKM untuk memperoleh lebih banyak pengunjung dan pembeli. 

“Liburan kebutuhan kehidupan modern, termasuk di long weekend Iduladha kali ini. Pada saat yang sama tingginya kunjungan masyarakat secara ekonomi akan berdampak baik,” ujar Asrian.

Libur panjang Iduladha menjadi momentum yang perlu dimanfaatkan secara maksimal oleh UMKM untuk menjajakan produknya. Pasalnya, secara ekonomi akan terbentuk pasar baru saat banyak orang-orang berkumpul di suatu tempat, seperti lokasi wisata. 

“Setiap liburan pasti jadi momentum untuk wisata. Kumpulan orang-orang itu menjadi potensi untuk memasarkan produk terutama souvenir dan kuliner,” jelasnya.

Pengamat ekonomi Unila lainnya, Yoke Moelgini mengatakan, untuk mengoptimalkan potensi ekonomi UMKM, diperlukan dukungan yang kuat dari pemerintah agar dapat berjalan secara maksimal.

“Supaya manfaat ekonominya makin meluas, perlu juga dorongan pemerintah daerah. Misalnya penataan lokasi atau membuat sentra UMKM agar lebih mudah dijangkau dan tertata,” ujarnya. 

Peningkatan kapasitas UMKM melalui pembekalan juga mesti terus didorong. Hal itu agar kualitas produk dan sumber daya UMKM makin berdaya saing. 

“Pembinaan itu sangat penting untuk memajukan UMKM agar daya saingnya meningkat,” pungkasnya.