Cara Unik Kapolsek Baolan Kumpulkan Buku Bacaan Untuk Anak-Anak Pulau Lutungan. (Foto: Humas Polres Tolitoli)

Palu, MNews.co.id – Para personel Polsek Baolan, Tolitoli, Sulawesi Tengah, mempunyai cara unik untuk mengatasi kekurangan bahan ajaran anak-anak di Pulau Lutungan dengan membagikan buku bacaan. Buku itu bukan dibeli, melainkan didapat dengan cara unik oleh sang kapolsek.

Iptu H Siswanto, Kapolsek Baolan mengatakan pada Kamis (6/8/20), pihaknya membagikan buku kepada anak-anak di Pulau Lutungan, Kecamatan Baolan jadi target aksi itu. Di pulau yang jadi salah satu ikon Kabupaten Tolitoli itu, anak-anak usia sekolah sedang kesulitan mendapat bahan bacaan untuk belajar di masa pandemi Covid-19.

Buku-buku itu diangkut dengan menggunakan speed boat melewati laut lepas sebelah barat Teluk Tolitoli. Sekitar 25 menit melewati lautan buku-buku itupun sampai di tepi pantai. Puluhan anak-anak nelayan setempat sudah menunggu dengan antusias.  Sebelum membagikan buku, anak-anak lebih dulu mendapatkan masker gratis dari personel Polsek Baolan.

Siswanto menambahkan buku-buku yang dibagikan itu berasal dari Perpustakaan Daerah Tolitoli yang dipinjamnya. Inisiatif itu muncul bermula dari laporan Babinkantibmas setempat tentang kondisi anak-anak usia sekolah selama masa pembelajaran jarak jauh.

“Selama pandemi virus corona anak-anak di Pulau Lutungan harus belajar dari rumah, dan kekurangan  literatur untuk belajar salah satunya buku bacaan,” ungkapnya.

Nantinya, buku-buku yang dibaca anak-anak tersebut akan diperbarui secara berkala dengan cara yang sama yaitu pinjam pakai dari perpustakaan daerah. Itu dilakukan supaya anak-anak tidak bosan dengan buku bacaannya.

“Setiap bulan bukunya akan diganti. Semoga dengan ini anak-anak dapat mengetahui isi dunia dari membaca buku tersebut,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here