KKP Ingin UMKM Pengolahan Produk Perikanan Tersebar Lebih Merata
Ilustrasi produk yang dihasilkan UMKM perikanan. (Foto: ANTARA/HO-Dok-KKP/pri)

MNEWS.co.id – Dengan pengetahuan dan strategi pemasaran yang tepat, UMKM di sektor perikanan dapat meningkatkan daya saing serta kesuksesan di pasar yang semakin kompetitif. Salah satu yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kompetensi tersebut adalah dengan melalui kegiatan pelatihan.

Pelatihan strategi pemasaran dianggap penting diberikan untuk kalangan UMKM di bidang perikanan. Selain untuk mendukung penjualan, pelatihan semacam ini dapat membantu pelaku UMKM dalam memilih sasaran konsumen yang tepat.

Guru besar Universitas Diponegoro (Undip), Fronthea Swastawati menyatakan, eksistensi pelaku usaha termasuk UMKM Perikanan butuh mendapatkan perhatian.

“Itu juga karena usaha pada bidang ini peluangnya bagus,” ujarnya yang juga merupakan dosen Fakultas Perikanan Ilmu Kelautan (FPIK) di universitas tersebut.

Fronthea menyampaikan hal itu saat bertemu kelompok pengolahan dan pemasaran hasil perikanan (poklahsar) di RM Sari Raras Selatan, Bendorejo, Sendang, Wonogiri.

Kelompok ini telah dikenal luas eksistensinya. Mereka berkembang seiring tingginya kebutuhan protein hewani, khususnya ikan.

Fronthea memandang perlunya keterlibatan pihak kampus dalam memberikan dukungan untuk pelaku UMKM, terutama dalam strategi pemasaran. Pengetahuan pemasaran modern penting diberikan agar produk yang dijual semakin menjangkau banyak kalangan.

Selain itu, perlu pemahaman tentang produk olahan tepat yang dibutuhkan konsumen juga dalam menentukan sasaran tepat yang menjadi target pasar.

“Dalam melakukan promosi, UMKM perlu menargetkan orang-orang yang sesuai produk yang dipasarkan,” urai Fronthea.

Di sisi lain, keberadaan pemasaran yang baik dapat membantu konsumen untuk lebih mudah menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.