Ilustrasi UMKM Kediri. (Foto: Radar Kediri)

Jakarta, MNEWS.co.id – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri, Pemerintah Kota Kediri, serta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Kediri, Jawa Timur, menyelenggarakan pameran “UMKM Virtual Expo 2020” sebagai eksposisi UMKM secara daring dengan menggandeng Diaspora.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Jawa Timur, Difi Ahmad Johansyah mengatakan acara yang digelar secara daring tersebut merupakan terobosan yang luar biasa. Ke depan diharapkan bisa menjadi ikon Kota Kediri, sehingga bisa dilaksanakan setiap tahun. Kediri memiliki file virtual reality, yang bisa menjadi media pemasaran UMKM melalui alat 3 Dimensi (3D).

“Saya tahu Kediri adalah pusatnya kreativitas UMKM yang mana sekarang ini terkendala adanya COVID-19. Namun kendala ini bisa menjadi suatu berkah. Di tengah pandemi ini, UMKM di Jawa Timur masih bisa berjuang dan memunculkan inisiatif dan kreativitas yang baru,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut tidak hanya menampilkan produk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), melainkan juga menggandeng diaspora untuk pemasaran produk UMKM. Kerjasama dengan diaspora ini sudah didiskusikan cukup lama lama, dan terdapat nilai positif bisa menjadi jembatan untuk memasarkan produk UMKM.

Difi  mengatakan, dengan bekerjasama dengan diaspora bisa untuk menyalurkan produk-produk UMKM Jawa Timur ke luar negeri. Misalnya, di Belanda maupun Australia. Di negara tersebut juga bisa berdiri toko, kafe dengan dengan produk-produk UMKM Indonesia seperti jamu, rujak cingur, bubuk pecel dan lain-lain.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Heru Tjahjono yang juga ikut dalam acara tersebut menambahkan bahwa UMKM di Jawa Timur jumlahnya sangat banyak. Untuk itu kualitas produk UMKM juga harus terus dijaga.

“Adanya acara seperti ini juga bisa menjadi contoh kabupaten atau kota lain agar terus bisa bergerak, berkembang dan sustainability harus dijaga dalam mengembangkan UMKM,” ungkapnya.

Dalam acara UMKM Virtual Expo 2020 ini juga dilakukan penyerahan pengelolaan website umkmkitabisa.com, aplikasi android UMKM Kita Bisa, dan kanal YouTube dari Bank Indonesia ke Pemkot Kediri. Selain itu juga ada penandatanganan kerjasama antara Kadin Kota Kediri dengan Diaspora Belanda dan Australia untuk membantu pemasaran produk UMKM Kediri ke Australia dan Eropa.

Turut mengikuti peresmian UMKM Virtual Expo 2020 ini, Ketua Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani, Ketua Kadin Jawa Timur Adik Dwi Putranto, Kepala OJK Kediri Bambang Supriyanto, Ketua Kadin Kota Kediri M. Solichin, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang UMKM Kota Kediri Setyo Hadi, Diaspora Australia Rudolf Irawan, dan Diaspora Belanda Nuryanti Simare Mare.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here