Telkomsel berkolaborasi bersama Pemkot Surakarta, dorong pemanfaatan teknologi digital melalui program UMKM Surakarta Go Digital. (Foto: Telkomsel)

Jakarta, MNEWS.co.id – Telkomsel bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UKM (Dinkop UKM) Kota Surakarta dalam menyukseskan program usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Surakarta Go Digital.

Telkomsel berkomitmen untuk terus menghadirkan berbagai solusi digital terdepan untuk membantu perkembangan para pelaku UMKM di Indonesia sebagai salah satu upaya nyata perusahaan dalam mendukung kemajuan bangsa.

Senior Vice President Enterprise Telkomsel, Dharma Simorangkir mengatakan, pihaknya mendukung pelaku UMKM agar dapat terus maju mengembangkan usahanya. Hal ini sejalan dengan visi sebagai leading digital telco company dalam memperluas peluang pemanfaatan teknologi terdepan di berbagai bidang.

“Melalui kerja sama strategis ini, diharapkan akan lebih banyak UMKM di seluruh Indonesia, termasuk di antaranya UMKM di Kota Surakarta, yang dapat merasakan manfaat dari dukungan solusi digital yang disediakan oleh Telkomsel,” ujar Dharma dilansir dari laman Telkomsel.

Secara khusus, dukungan yang diberikan oleh Telkomsel berupa pemberian 1.000 lisensi Aplikasi Pembukuan Digital bersama dengan paket Edukasi Pelatihan dan Pendampingan Digital Aplikasi 99% Usahaku.

99% Usahaku merupakan sebuah platform layanan berbasis aplikasi digital untuk para pelaku UMKM, di mana di dalamnya menyediakan berbagai konten pembelajaran tentang bisnis mikro dan menengah, forum komunikasi antarpegiat UMKM bagi para pelaku UMKM Kota Surakarta.

Kepala Dinkop UKM Kota Surakarta Heri Purwoko JS, SH, MM, pun mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh Telkomsel. Karena, hal tersebut dinilai akan mampu bantu meningkatkan performa usaha para pelaku UMKM setempat.

“Semoga kerja sama ini dapat berlangsung dalam jangka panjang guna mensukseskan implementasi program UMKM Go Digital di Kota Surakarta, sehingga dapat mendorong kemajuan ekonomi local,” ujarnya.

Dalam mengakselerasikan akses gaya hidup digital kepada para pelaku UMKM, pelatihan, dan pendampingan, program UMKM Go Digital akan terus berlangsung hingga akhir tahun 2021, baik secara online maupun offline.

Kolaborasi itu juga didukung oleh Bank Jateng yang menghadirkan serangkaian edukasi tentang pentingnya pengelolaan laporan keuangan yang efisien berbasis digital. Hal ini dilakukan agar para pegiat UMKM di Kota Surakarta menjadi bankable, atau memenuhi syarat perbankan untuk mendapatkan kredit usaha.