Ilustrasi Aplikasi LinkAja. (Foto: Warta Ekonomi)

Jakarta, MNEWS.co.id – LinkAja bekerja sama dengan Koperasi Simpan Pinjam JASA (Kospin JASA) mendorong pengembangan digitalisasi koperasi.

Layanan uang elektronik sinergi sejumlah BUMN itu, ikut mendorong pengembangan digitalisasi koperasi tersebut melalui penandatanganan perjanjian pada 23 November 2020. Kolaborasi antara kedua pihak selaras dengan misi membangun ekosistem dan platform layanan keuangan digital terutama bagi masyarakat kelas menengah dan UMKM di Indonesia.

“Kerja sama ini merupakan bentuk dukungan penuh kami terhadap digitalisasi Kospin JASA sebagai salah satu koperasi terbesar di Indonesia yang menaungi 300.000 pelaku UKM. Kami harap kemudahan, kenyamanan, serta keamanan akses transaksi nontunai yang ditawarkan oleh LinkAja dapat secara signifikan meningkatkan kecepatan Kospin JASA untuk bergerak dinamis, serta meningkatkan pelayanan kepada para anggota koperasi, dan yang paling penting, memperluas kemudahan akses koperasi kepada seluruh masyarakat Indonesia,” kata Direktur Utama LinkAja Haryati Lawidjaja dikutip dari Antara.

Ruang lingkup kerja sama digitalisasi antara LinkAja dengan Kospin JASA meliputi dua hal, yaitu kemudahan akses top up saldo LinkAja untuk para anggota koperasi melalui aplikasi MJASA (Mobile Kospin JASA) milik Kospin JASA, serta kemudahan pembayaran angsuran pinjaman anggota koperasi secara elektronik melalui aplikasi LinkAja, yang sebelumnya harus dilakukan secara tunai di koperasi atau melalui transfer antarbank.

Ke depannya, berbagai kemudahan nontunai lainnya juga akan dihadirkan melalui pengembangan kerja sama strategis antara kedua pihak seperti pembayaran setoran anggota koperasi melalui aplikasi LinkAja dan penjajakan kerja sama di lingkup syariah.

Kepala Divisi Dana Kospin JASA Isabudin mengatakan kerja sama dengan LinkAja semakin melengkapi layanan keuangan digital yang ada di Kospin JASA. Hal ini sesuai dengan misi Kospin JASA yaitu memenuhi kebutuhan anggota dan memberikan layanan prima melalui produk layanan berbasis teknologi.

“Hampir satu dekade terakhir ini dan terutama dengan adanya pandemi COVID-19 telah membuat anggota semakin sadar akan teknologi digital. Anggota koperasi juga semakin menuntut layanan yang serba cepat, murah, dan aman tanpa harus datang bertransaksi di kantor-kantor layanan Kospin JASA. Oleh karena itu, kami harapkan kerja sama top up saldo LinkAja via aplikasi MJASA antara Kospin JASA dan LinkAja ke depan akan semakin berkembang dengan didasari semangat win-win atau saling menguntungkan,” katanya