BRI dan Sarinah menggelar pelatihan kepada 55 UMKM binaan Sarinah. (Foto: Dok. BRI)
BRI dan Sarinah menggelar pelatihan kepada 55 UMKM binaan Sarinah. (Foto: Dok. BRI)

Jakarta, MNEWS.co.id – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bekerja sama dengan PT Sarinah (Pesero) terus mendukung upaya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar dapat bersaing di pasar internasional. Salah satunya adalah dengan mengadakan pelatihan kepada 55 UMKM binaan Sarinah untuk mendorong orientasi ekspor (go global) para pelaku UMKM. Pelatihan ini bertempat di Upper Ground Sarinah The Window of Indonesia, Jakarta.

Pelatihan diadakan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas UMKM sehingga memiliki orientasi dan strategi ekspor impor serta pemahaman prosedur dan regulasi ekspor impor.

Supari selaku Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya BRI untuk mendukung Sarinah menjadi pusat perbelanjaan yang khusus menjual produk UMKM unggulan di Indonesia.

BRI juga melakukan sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagai upaya untuk mendekatkan akses pembiayaan terhadap UMKM binaan Sarinah. Selain itu Bank BRI juga memiliki berbagai program dalam kaitannya mendorong pelaku UMKM memiliki orientasi ekspor (go global), program tersebut di antaranya BRIncubator dan BRILian Preneur.

BRIncubator merupakan program yang berorientasi pada peningkatan kapasitas dan kapabilitas UMKM secara digital dan fokus pada validasi ekspor sehingga mampu Go-Modern, Go-Digital, Go-Online, dan Go Global.

Sementara itu, pada akhir tahun lalu BRI juga menggelar BRILian Preneur, pameran atau expo dengan menampilkan hasil produk UMKM binaan Bank BRI. Tak hanya pameran, dalam acara tersebut juga menyuguhkan acara Business Matching, Talkshow, UMKM Award, Barista Competition, Artist Performance, hingga Art Installation.

Sementara itu Lies Permana Lestari selaku Direktur Retail Sarinah mengatakan Menteri BUMN dan Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki ingin menjadikan PT Sarinah (Persero) melalui Sarinah The Window of Indonesia sebagai mal bagi produk-produk UMKM dalam memasarkan produknya. Maka sesuai arahan, untuk mengejawantahkannya BRI terus berupaya untuk memberdayakan UMKM.

“BRI dan Sarinah mempunyai komitmen dan misi yang sama untuk mendukung dan mendorong ekonomi Indonesia berbagai upaya yaitu dengan memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM untuk meningkat kualitas produknya yang berorientasi ekspor, dan tentunya kembali sesuai arahan Pak Menteri BUMN, untuk mewujudkan hal tersebut Sarinah harus bersinergi dengan BUMN Perbankan yaitu BRI untuk membantu mengubah wajah Sarinah ke depannya,” kata Lies.