Jakarta, MNEWS.co.id – Seorang mantan pegawai bernama Amri, pelaku usaha asal Depok, Jawa Barat, telah berhasil memberikan kisah inspiratif saat membuka bisnis dengan berjualan kue pancong. Meski sempat jatuh bangun, Amri berhasil mengelola lima cabang yang berlokasi di Depok dan Bekasi.
Dikutip dari Antara, kiat susksesnya tidak lepas dari keberaniannya dalam mengambil kesempatan berjualan lewat platform online. Selain itu, Ia juga berhasil memperluas jangkauan pasar dari bisnis kulinernya dengan menjadi mitra usaha GoFood sejak Maret 2019.
Tidak dapat dipungkiri, di awal masa pandemi bisnis kuliner miliknya juga terkena dampak dan mengalami penurunan permintaan pelanggan. Namun, tantangan itu tidak menyurutkan niat Amri untuk terus mencari cara agar bisa bertahan. Terlebih menghadapi PPKM yang terus diperpanjang.
Salah satu kunci sukses bertahan di masa pandemi, menurut Amri adalah kemauan untuk beralih memanfaatkan platform online. Ia menyadari, saat kunjungan di outlet berkurang drastis, kekuatan branding di platform digital justru memperkuat interaksinya dengan para konsumen.
“Dulu Pancong Ruang Rasa hanya pakai kotak styrofoam biasa, tapi sekarang kami bisa sekaligus ambil hati pelanggan lewat pesan tulisan di boks, seperti ‘Makan pancong, ingat kamu…manisnya kelewatan’. Pesan singkat ini banyak yang posting di Instagram dan apresiasi usaha yang kita buat,” kata Amri.
Optimis dan kreativitas Amri ternyata membuahkan hasil yang manis, semanis kue pancong andalannya. Setahun beradaptasi, Ia pun berhasil menambah jumlah cabang usaha kulinernya. Berawal dari penambahan ini, Amri pun bertekad untuk memberi dampak positif dengan memberdayakan warga sekitar. Termasuk beberapa di antaranya anak yatim, agar mereka mendapat sumber penghidupan di tengah kondisi yang sulit seperti saat ini.
Selanjutnya, strategi usaha Amri selain branding yang kreatif, adalah kualitas produk kuliner sendiri yang terus ditingkatkan, apalagi untuk mendorong pelanggan memesan kembali.
“Kami sebagai UMKM tidak luput dari kekurangan. Namun, pelanggan akan jauh menghargai upaya kita saat mereka mengingat upaya-upaya kecil yang sudah kita lakukan, seperti menjaga kualitas makanan atau minuman dan menambah varian menu sesuai selera pelanggan. Hal-hal ini yang terus saya jaga untuk meningkatkan kepuasan pelanggan,” tambah Amri.