Ilustrasi strategi bisnis. (Foto: Freepik/Ijeab)

Jakarta, MNEWS.co.id – Ketika sudah memiliki usaha, tentu Anda akan mengharapkan bisnis tersebut maju dan berkembang. Selain pembeli yang semakin banyak, pelaku usaha  ingin bisnisnya lebih terkenal.

Salah satu cara untuk mendapatkan hal itu adalah dengan memperluas target pasar bisnis. Memperluas target pasar usaha, mungkin menjadi langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan ketika sudah berjalan dengan baik.

Dengan memperluas target pasar, akan banyak tantangan baru yang akan dihadapi. Namun, ketika Anda bisa menghadapinya, hasil yang akan didapatkan juga akan sangat baik. Terutama untuk keberlangsungan penjualan.

Dalam hal ini, agar rencana untuk memperluas target pasar bisnis Anda sukses, maka ada beberapa langkah dan strategi yang bisa dicoba dikutip dari Koinworks.

1. Tambahkan produk dan layanan baru
Strategi ini terdengar relatif sederhana, namun mengeksekusi trik ini secara serius bukanlah hal mudah. Pertama, Anda perlu mencari tahu mana produk dan layanan yang pelanggan inginkan. Selain itu, berapa banyak dari mereka yang bersedia membayar untuk produk Anda.

Selanjutnya menentukan mampu atau tidak Anda menjual produk dan layanan hingga menghasilkan keuntungan. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan melakukan riset pasar menyeluruh sebelum melakukan pencarian sumber daya (manusia dan keuangan) untuk produk baru atau perluasan layanan.

2. Membuat Brand Image Baru
Hal ini perlu Anda lakukan jika brand bisnis yang dimiliki sudah identik dengan satu pasar tertentu. Dalam hal ini, mungkin Anda akan cukup sulit untuk merubah brand image bisnis.

Maka, cara paling mudah adalah dengan membuat brand image baru yang khusus untuk menyasar target pasar yang baru juga. Membuat brand baru ini juga akan berguna jika Anda ingin membuat brand yang sudah ada menjadi identik dengan satu pasar saja.

3. Masuki pasar ke wilayah-wilayah baru
Inti strategi kali ini adalah untuk memasarkan dan menjual produk maupun jasa yang ada pada pelanggan baru. Para pelanggan baru bisa dari segmen yang berbeda atau lokasi yang berbeda dari tempat Anda beroperasi. Jika jenis bisnis Anda ritel atau toko, jenis ekspansi kemungkinan berupa pembukaan lokasi baru di daerah geografis yang berbeda – baik di kota atau di provinsi berbeda.

4. Masuk pada platform baru
Internet adalah contoh terbaik dari bagaimana penjualan dan saluran pengiriman baru dapat mengubah bisnis kecil. Perusahaan yang tak terhitung jumlahnya telah mengambil keuntungan dari peluang bisnis online. Para retailer yang membuka toko online untuk penyedia layanan, mampu menjangkau audiens yang lebih luas melalui iklan online. Mereka juga menggunakan teknik optimasi mesin pencari (SEO) untuk mendapat peringkat tinggi dalam pencarian web yang dilakukan oleh calon pelanggan.

Melihat bisnis bisa semakin besar dan punya pasar yang semakin luas memang sangat membanggakan. Tapi ingat, ketika Anda sudah berhasil memperluas bisnis, Anda juga harus bisa mempertahankannya. Jangan sampai Anda terlena dengan pertumbuhan bisnis dan lupa untuk membuat bisnis bisa bertahan.