Jakarta, MNEWS.co.id – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan terus mengupayakan rempah Indonesia semakin dikenal dunia. Melalui Indonesia Spice Up The World, Kemenparekraf menargetkan 4000 restoran Indonesia bisa go international.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno berharap adanya peningkatan pada ekspor bumbu dan rempah Indonesia senilai USD2 miliar. Pihaknya juga mendukung penuh program yang digagas Kemenko Marves tersebut dengan berangkatnya delegasi pendukung ke Amerika Serikat dalam waktu dekat.
“Program ini sudah dirancang dengan baik sejak lama. Ini adalah pilihan, ditunda atau dijalankan dengan adaptasi. Adaptasi ini yang saya ambil sebagai langkah untuk memastikan pemulihan ekonomi kita tidak tertunda. Bahwa kita tidak akan sepenuhnya hadir secara fisik, tapi hybrid,” katanya dikutip dari siaran pers Kemenparekraf.
Sandiaga menjelaskan berdasarkan data, nilai ekspor bumbu/rempah olahan dan komoditas/rempah segar Indonesia mengalami tren positif dengan rata-rata pertumbuhan 2,95 persen selama lima tahun terakhir. Pada 2020, nilai ekspor tercatat sebesar 1,02 miliar dolar AS.
“Pelaku parekraf kita butuh pasar di luar negeri, mereka harapkan bahwa pandemi ini bisa membuka peluang-peluang rempah Indonesia untuk berkembang. Kita tidak boleh menurunkan semangat dan persiapan agar pelaku ekonomi kreatif, terutama UMKM kita bela. Kita harus hadir dan mereka butuh pasar ini,” ujar Sandiaga.
Amerika Serikat sendiri dikatakan Sandiaga merupakan pasar yang besar untuk pengembangan pasar rempah dan kuliner khas Indonesia. Sekitar 20-25 persen dari pasar ekspor rempah Indonesia.
Kehadiran delegasi Kemenparekraf nantinya sebagai langkah awal dalam program “Indonesia Spice Up The World” dengan melakukan koordinasi bersama KBRI dan KJRI di New York. Melakukan penguatan jejaring melalui pertemuan dengan para penggiat kuliner, importir bumbu, dan pengusaha restoran non Indonesia di New York untuk ikut berperan aktif menyemarakkan program dan mendorong pembukaan restoran baru berbasis kuliner Indonesia di New York.
Selain juga melakukan pertemuan terkait International Year of Creative Economy dengan PTRI untuk menekankan kembali posisi Indonesia dan peluang untuk kerja sama internasional; serta penguatan jejaring strategis lainnya antara lain di bidang musik, wisata minat khusus, dan MICE.
Ia menambahkan pihaknya berkomitmen untuk menjalankan program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu bagi industri dan juga pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif. Kemenparekraf akan mempercepat kebijakan yang berpihak pada pelaku parekraf melalui program mandiri maupun kolaborasi dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).
Di antaranya adalah Restrukturisasi Kewajiban Perbankan, Program Penjaminan Kredit Usaha, baik untuk UKM maupun usaha besar atau korporasi, program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Sementara untuk usaha perorangan mikro, pemerintah telah menyediakan program Bantuan Presiden untuk Usaha Mikro (BPUM).
Kemenparekraf mendorong para pelaku pariwisata untuk memanfaatkan program-program yang telah dipersiapkan agar dapat menciptakan peluang-peluang baru, meningkatkan kapasitas dan kompetensi diri, serta mempersiapkan daya tarik wisata yang lebih baik lagi.
‘Indonesia Spice Up The World’ merupakan salah satu program utama pemerintah yang melibatkan lintas kementerian/lembaga sebagai salah satu upaya perluasan pemasaran produk bumbu atau pangan olahan dan rempah Indonesia. Selain itu juga menguatkan industri kuliner Indonesia dengan pengembangan restoran Indonesia di luar negeri atau sebagai bagian dari gastrodiplomasi restoran.