Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat berkunjung ke di Desa Wisata Denai Lama, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. (Foto: Kemenparekraf)

Jakarta, MNEWS.co.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (c melakukan kunjungan ke desa wisata Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deliserdang, Rabu (9/6/21).

Sandiaga menjelaskan desa wisata tersebut memiliki kearifan lokal yang dikemas secara menarik. Ia pun optimistis wisata tersebut nantinya bisa menarik banyak wisatawan.

“Desa wisata ini memiliki kafe baca yang berfungsi sebagai taman bacaan dan dikelola sendiri oleh warga setempat,” katanya dilansir dari siaran pers Kemenparekraf.

Ia juga menilai desa tersebut juga terkenal dengan literasi adat budayanya seperti Jawa, Melayu dan Batak. Ketiga suku tersebut menghasilkan kerajinan yang beragam seperti kain tenun khas Desa Denai Lama, batik jumputan, kopi dan kerajinan dari batok kelapa.

Di sana juga terdapat lokasi agrowisata Paloh Naga. Wisatawan yang berkujung disuguhkan dengan view persawahan yang disulap berbagai dekorasi gubuk di atas hamparan sawah.

Tidak hanya itu, wisata tersebut menyuguhkan berbagai jajanan dan oleh-oleh dengan ciri khas desa tersebut.

“Wisata Pasar Paloh Naga memang unik. Meskipun nilai transaksi menggunakan kepeng masih belum signifikan dalam industri pariwisata, tetapi kami melihat semangat menjadikan desa wisata ini memiliki keunikan dan tumbuh berkembang,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here