Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. (Foto: Berita Satu)

Jakarta, MNEWS.co.id – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) memilih 10 inovator muda terbaik yang telah memberikan solusi digital bagi Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM). Para inovator ini nantinya akan menjadi mitra strategis Kemenkop UKM.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki menyatakan para pemenang mampu membantu upaya pemerintah dalam mempercepat transformasi digital atau digitalisasi UMKM. “Kita ingin menyiapkan UMKM agar maju dan siap berkompetisi di pasar domestik maupun internasional,” kata Teten.

Adapun 10 besar Pahlawan Digital UMKM 2020 adalah Kopral, Restoku, Belanjaikan.com, Femalepreneur.id, Krealogi, Bonsay, Credibook, Chatbiz.id, Auto Pilot Store, dan Mantab.id. Para inovator ini memilkiki inovasi dan solusi digital yang menarik, mulai dari penyedia rantai pasok untuk perikanan, dan menjadi penghubung antara nelayan dan konsumen, mentransformasi pedagang keliling tradisional, sampai digitalisasi koperasi.

Credibook, yang merupakan platform digital yang bergerak di bidang jasa keuangan menjadi juara pertama dalam malam penghargaan tersebut. Melalui aplikasi, Credibook membantu membangun ekosistem digital antara pelanggan, pelaku UMKM, dan para pemasok. Para peraih penghargaan Pahlawan Digital UMKM 2020 nantinya akan berkolaborasi dengan Kemenkop UKM dalam program digitalisasi UMKM.

“Kami siap membantu menyelesaikan masalah dan membantu UMKM di Indonesia, terutama dalam pencatatan keuangan,” ujar Co-Founder dan CEO Credibook Gabriel Frans.

Sejumlah nama dilibatkan dalam pemilihan Pahlawan Digital UMKM, di antaranya Putri Tanjung sebagai penggagas acara, Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Fiki Satari, Vice President Transformation Management Office Telkomsel Andry Firdiansyah, dan Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi.

Para peserta dinilai memberi jawaban atas masalah-masalah pelaku UKM di berbagai kalangan masyarakat. Selaku inisiator, Putri Tanjung berharap inovasi-inovasi tersebut mampu mewujudkan UMKM yang sejahtera.

“Mudah-mudahan di hari Sumpah Pemuda ini jadi momen bagi seluruh anak muda Indonesia untuk terus bersemangat dalam berbuat kebaikan. Dengan menciptakan inovasi yang dapat membuat UMKM kita bisa lebih sejahtera lagi,” kata Putri.

Tidak hanya Credibook, sejumlah inovasi digital juga dinobatkan menjadi Pahlawan Digital UMKM 2020, di antaranya Chatbiz.id, Krealogi, Belanjaikan.com, Femalepreneur.id, Bonsay, Auto Pilot Store, Kopral, Mantab.id, dan Restoku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here