GoFood merayakan kiprah satu tahun Komunitas Partner GoFood (KOMPAG), Selasa (27/10/20). (Foto: ANTARA)

Jakarta, MNEWS.co.id – GoFood merayakan kiprah satu tahun Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) yang konsisten mendukung UMKM bersama-sama #MelajuBersamaGojek lewat pelatihan pengembangan usaha kuliner pada Selasa, (27/10/20).

Komitmen GoFood melalui platform edukasi dan jejaring KOMPAG di tahun 2021 akan berfokus pada dua hal; memperbanyak ragam pelatihan untuk peningkatan kapasitas yang disesuaikan dengan berbagai kebutuhan mitra usaha dan memperluas jaringan keanggotaan KOMPAG di lebih banyak kota di Indonesia.

Edukasi dan jejaring menjadi semakin dibutuhkan untuk mendukung UMKM beradaptasi selama pandemi dan menyadari hal ini, KOMPAG telah menyesuaikan tema pelatihan sehingga dapat menjawab kebutuhan para mitra UMKM, baik untuk meningkatkan transaksi dengan solusi dari ekosistem Gojek serta tips dan trik dari para praktisi untuk mengembangkan usaha dengan strategi pemasaran yang kreatif.

Chief Food Officer Gojek, Catherine Hindra Sutjahyo, pada kesempatan perayaan 1 tahun berdirinya KOMPAG mengatakan kegiatan edukasi ini bertujuan agar para mitra usaha GoFood memahami seluk-beluk berbisnis kuliner online serta berjejaring dengan sesama pelaku UMKM.

Catherine mengakui bangga atas pencapaian para mitra usaha GoFood yang telah banyak belajar dan berkembang dari KOMPAG, terlebih selama pandemi. Tantangan akibat keadaan pandemi ini tidak menyurutkan semangat GoFood dan para mitra usaha untuk bangkit dan beradaptasi.

“Kami harap, KOMPAG dapat terus menjadi sarana edukasi dan berjejaring andalan para mitra usaha GoFood, serta menebar dampak sosial yang lebih luas ke depannya,” katanya.

KOMPAG memiliki lebih dari 67.000 anggota mitra usaha yang berasal dari 69 kota di Indonesia, dan telah memberikan lebih dari 100 tema pelatihan lewat sesi pelatihan reguler, Ngobrol Pintar bareng GoFood (NGOPI) Live melalui Facebook dan pertemuan Temu KOMPAG.

Diketahui selama pandemi, sesi pelatihan reguler KOMPAG diadakan secara online dan diikuti rata-rata 2.000 peserta per sesi atau naik 20 kali lipat dari jumlah anggota yang hadir ke pertemuan fisik di masing-masing kota.

Dodi Sandra, Pemilik Pempek Pistel Kiarin, Bandung, anggota KOMPAG mengaku mendaftarkan usahanya di GoFood menjadi awal dari banyak kesempatan, termasuk kesempatan belajar melalui KOMPAG.

“Berawal dari pelatihan berbisnis kuliner yang saya ikuti semasa menjadi mitra driver Gojek, akhirnya saya memutuskan untuk memulai usaha kuliner,” ujar Dodi.

Kemudian Dodi giat menerapkan ilmu serta tips bisnis dari GoFood yang disampaikan melalui KOMPAG, tentunya juga aktif membangun jejaring sesama pengusaha kuliner di Bandung. Manfaatnya, usaha Dodi tetap berjalan meski di tengah terpaan pandemi seperti sekarang. Kisah inspiratif Dodi ini mengantarkannya meraih juara pertama Mitra Inspiratif KOMPAG dan salah satu pemenang Mitra Juara Gojek (MJG) untuk Kategori GoFood.