Ilustrasi UMKM Pariwisata. (Foto: Suara Jatim)

Jakarta, MNEWS.co.id – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) mengadakan pelatihan kewirausahaan bagi masyarakat dalam menghadapi tantangan yang akan datang sehingga Sumber Daya Manusia (SDM) yang dilatih dapat menjadi seorang wirausahawan (entrepreneur) yang terdidik dan terlatih. Serta mampu memanfaatkan peluang bisnis di masa pandemi dan new normal seperti saat ini.

Arif Rahman Hakim, Deputi Bidang Pengembangan SDM menyampaikan, untuk peningkatan kualitas SDM UMKM diperlukan sinergi dengan beberapa stakeholder lain seperti expert Smesco, PLUT dan Balatkop provinsi Jateng. Arif berharap melalui pelatihan seperti ini, peserta dapat menangkap peluang yang diberikan oleh pemerintah dalam pengadaan barang dan jasa dan aktif dalam melakukan networking.

“Nanti setelah pariwisata dibuka pada masa new normal, maka pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Brebes harus siap menghadapi persaingan, untuk itu, di daerah Brebes perlu kita bentuk koperasi yang bergerak di bidang pariwisata,” kata Arif.

Ia mengatakan tujuan pelatihan ini adalah untuk menyiapkan UKM agar selalu eksis dan mampu beradaptasi pada masa pandemi dan new normal. Khususnya di bidang pariwisata dan home decor serta mewujudkan UMKM naik kelas.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah juga memberikan motivasi kepada peserta agar terus eksis dalam masa pandemi ini, dan menekankan perlunya sebuah branding bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya.