Ilustrasi UMKM. (Foto: Indonesia Inside)

Jakarta, MNEWS.co.id – Kementerian Koperasi dan UKM bekerja sama dengan Shopee, berhasil menciptakan nilai penjualan UMKM sebanyak ratusan juta rupiah. Terhitung total ada 351 UMKM dari subsektor, fesyen, makanan minuman kemasan, dan kesehatan kecantikan berhasil lolos kurasi dan seleksi, berhasil hadir pada halaman khusus Festival Belanja Online yang terdapat di Shopee.

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop dan UKM, Victoria Simanungkalit menjelaskan, program Festival Belanja Online sudah berhasil menciptakan 4.708 total transaksi dalam kurun waktu satu minggu, setelah program berjalan dari 19 Oktober sampai 9 November 2020.

β€œIni upaya Kemenkop mengatasi dampak perekonomian UMKM di tengah pandemi. Antara lain sudah mencakupi tahapan Mitigasi & Survive serta Reactive yang tidak hanya melakukan pendampingan, melainkan juga sebagai upaya program pemulihan ekonomi nasional,” ujar Victoria dilansir dari siaran pers Kemenkop UKM.

Sementara itu Head of Public Policy and Government Relations Shopee Indonesia, Radityo Triatmojo mengatakan, kerja sama yang terbina dengan Kemenkop, merupakan langkah lanjutan mendukung keberlangsungan bisnis pelaku UMKM. Shopee sangat senang terlibat dalam memfasilitasi Festival Belanja Online sebagai bentuk peluang dan solusi positif untuk para pelaku UMKM binaan.

“Kami harap komitmen ini dapat membantu lebih banyak lagi pelaku UMKM agar dapat berkontribusi dalam menyikapi perubahan yang signifikan terhadap perekonomian Indonesia di tengah masa yang sulit ini,” katanya.

Untuk menambah maraknya kegiatan Festival Belanja Online, pihak penyelenggara juga mengadakan give away untuk para penonton selama sesi Ngobral dan Ngobral berlangsung.  Mulai dari hadiah fesyen, makanan minuman, sampai produk kesehatan dan kecantikan yang tergabung dalam festival ini.

Festival Belanja Online ini memiliki titel yang unik pada masing-masing sub kategorinya. Untuk subsektor fesyen ber-titel Adiwarna Nusantara yang artinya bagus atau indah sekali, subkategori makanan minuman dengan nama Rasantara yang merupakan gabungan dari kata Rasa dan Nusantara. Sedangkan kesehatan dan kecantikan dengan nama Kirana Nusantara yang artinya pesona indah atau bercahaya.

Hampir harapan semua narasumber yang terlibat pada live streaming mengatakan bahwa dampak positif atas penyelenggaran Festival Belanja Online dapat dilaksanakan kembali. Karena tidak hanya menyediakan wadah pemasaran untuk para sobat UKM, tetapi dapat membantu digitalisasi UKM untuk merasakan impak penjualan dari platform online yang semakin memudahkan.