Ilustrasi produk UMKM Papua. (Foto: Antara)

Jakarta, MNEWS.co.id – Guna mendukung penyelengaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Bumi Cendrawasih Papua, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Provinsi Papua mendorong ribuan pelaku UMKM untuk dapat menyiapkan berbagai produk untuk dipasarkan. Kegiatan PON XX Papua akan dilaksanakan pada 2 hingga 15 Oktober 2021.

Saat ini Kadin Papua telah mendampingi 10 ribuan pelaku UMKM jelang PON XX Papua. Sejumlah UMKM ini tersebar di 4 klaster pelaksanaan PON yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke.

Nantinya pelaku UMKM akan menjual produk lokal buatan asli tanah Papua. Mulai dari makanan dan minuman, kerajinan tangan seperti noken, dan juga komoditi pertanian seperti kopi asli Papua.

Ketua Kadin Papua, Ronald Antonio Bonay menjelaskan pendampingan 10 ribuan UMKM telah dikoordinasikan oleh Disperindagkop UKM dan Tenaga Kerja Provinsi Papua dan PB PON XX Papua 2021.

“Saat ini memang ada masalah, karena tak semua UMKM mendapatkan tempat berjualan di arena pelaksanaan PON. Kami menyiapkan sejumlah solusi, untuk menempatkan UMKM di hotel ataupun tempat penginapan atlet dan juga tempat strategis lainnya yang dikunjungi para tamu dari berbagai provinsi di Indonesia ini,” ujar Ronald dikutip dari Kumparan.

Nantinya, Kadin Papua akan membuat digitalisasi untuk mempromosikan produk UMKM Papua lewat online dan aplikasi. Selain itu, beberapa produk UMKM akan dipasarkan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang bagi para pengunjung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here