Ilustrasi penjual mi dan bakso. (Foto: JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

MNEWS.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak pedagang mi dan bakso yang tergabung dalam Paguyuban Pedagang Mie dan Bakso (Papmiso) untuk memanfaatkan teknologi digital guna mengembangkan bisnisnya. Dengan memanfaatkan teknologi digital, usaha pedagang mi dan bakso dapat berkembang lebih cepat.

“Sebagai sektor UMKM yang memiliki kontribusi besar terhadap perekonomian di Tanah Air, saya berharap kepada Paguyuban Pedagang Mie dan Bakso ini agar mendorong anggotanya untuk memanfaatkan teknologi digital, supaya berjualan secara online atau melalui marketplace, sehingga tenaga kerja di sektor ini tetap bertahan dan bahkan kita harapkan dapat meningkat,” ujar Jokowi dalam sambutannya saat membuka secara virtual Gebyar Wayang Kulit yang diselenggarakan oleh Papmiso bertemakan “Pedagang Mi Bakso Optimis Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat, Rasa Makin Lezat”. 

Jokowi mengatakan, setiap kali berkunjung ke daerah, Ia melihat pedagang mi dan bakso memenuhi jalanan dan pasar-pasar. Hal itu, menurut Jokowi, menjadi tanda bahwa mi dan bakso sangat dikenal di kalangan masyarakat dan paling banyak peminatnya.

“Sering saya juga lihat antrian di kios pedagang pasar yang antrinya panjang, karena ingin makan bakso,” kata Jokowi.

Tidak hanya memenuhi jalanan dan pasar-pasar, mi dan bakso juga sudah ramai menjadi konten media sosial oleh para konten kreator.

“Artinya apa? Bakso menjadi salah satu makanan yang sangat dikenal di seluruh masyarakat Indonesia dan paling banyak penggemarnya,” ucap Presiden.