Presiden Joko Widodo. (Foto: BPMI Setpres/Lukas)

Jakarta, MNEWS.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat agar mulai mencintai produk-produk buatan dalam negeri. Masyarakat harus bangga menggunakan produk buatan Indonesia sehingga dapat memperbaiki ekosistem berkembangnya inovasi dan industrialisasi.

“Sudah saatnya dunia industri harus berani berinvestasi, sudah saatnya masyarakat harus juga mulai mencintai produk-produk dalam negeri. Dan kita harus bangga buatan Indonesia,” kata Jokowi saat meresmikan peluncuran produk riset, teknologi dan inovasi untuk percepatan penanganan Covid-19 melalui video conference, Istana Merdeka, Rabu (20/5/20).

Jokowi mengatakan, mentalitas untuk bangga terhadap produk buatan dalam negeri perlu terus ditingkatkan. Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini menjadi momentum bagi kebangkitan inovasi di bidang science dan teknologi, khususnya di bidang kesehatan.

Sejumlah inovasi dan karya anak bangsa untuk menangani Covid-19 pun telah berhasil dikembangkan. Seperti rapid test kit, PCT test kitemergency ventilatormobile laboratorium biosafety level 2 (BSL-2), imunomodulator, artificial inteligent untuk deteksi Covid-19, dan lain-lain.

Jokowi pun optimistis berbagai inovasi tersebut dapat diproduksi secara massal untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri sehingga juga dapat mengurangi angka impor. “Saya sangat optimis bahwa hal-hal yang dulunya tidak pernah kita pikirkan dan kita hanya impor, sekarang ini kita bisa mandiri karena kita bisa memproduksinya sendiri,” kata Jokowi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here