IFBC 2024 yang berlangsung di ICE BSD Hall 1, Jumat 23/2/2024-Minggu 25/2/2024. (Foto: Dok/IFBC 2024)

MNEWS.co.id – Indonesia Franchise & Business Concept (IFBC) Expo 2024 yang berlangsung pada Jumat (23/2/2024) hingga MInggu (25/2/2024) di ICE BSD Hall 1, Tangerang sukses menyita perhatian para pelaku bisnis dan calon wirausahawan dengan menyajikan solusi dan referensi bisnis terkini.

Acara yang diadakan setiap tahun ini kembali membuktikan kehadirannya sebagai wadah inspiratif dan edukatif bagi mereka yang ingin atau telah berkecimpung dalam dunia kewirausahaan.

IFBC Expo 2024 menghadirkan lebih dari 196 merek peluang usaha untuk mengoptimalkan semangat kewirausahaan dengan menghadirkan solusi dan referensi bisnis kekinian. Para pengunjung dimanjakan dengan ragam pilihan bisnis waralaba, peluang usaha, dan konsep bisnis inovatif yang siap diadopsi.

Ragam peluang usaha yang ditawarkan pada pameran ini berupa peluang usaha, distributor, waralaba, keagenan, dan kemitraan dengan jangkauan nilai transaksi mulai dari 8 juta hingga ratusan juta rupiah.

Terdapat pula program edukasi, konsultasi, dan diskusi secara langsung dengan ahli, serta berbagai penawaran menarik yang dihadirkan, seperti potongan harga kemitraan, cashback, dan diskon akbar selama pameran berlangsung. 

Ketua Kehormatan Asosiasi Franchise Indonesia Drs. Anang Sukandar, CFE. menyampaikan jika Indonesia memiliki kekuatan pasar domestik yang cukup besar.

“Hal ini perlu kita manfaatkan dengan memperkenalkan sistem bisnis keindonesiaan melalui pembinaan dan pendampingan pemerintah. Salah satunya franchise, karena sistem bisnis ini akan menggiatkan perekonomian dan menciptakan lapangan pekerjaan,” ujarnya saat membuka kegiatan IFBC 2024 di ICE BSD Hall 1 Tangerang, Jumat (24/2/2024).

Beliau juga mengatakan agar para pelaku usaha jangan mau untuk cepat jadi lebih baik tekun menjalankan bisnisnya agar menjadi lebih efisien dan lebih efektif.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia memberikan dukungan penuh terhadap IFBC Expo 2024. Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menyatakan bahwa IFBC Expo 2024 sejalan dengan program pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja melalui pengembangan UMKM dan wirausaha.

“Kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Asosiasi Franchise Indonesia yang secara konsisten dan berkelanjutan memberikan kontribusi yang sangat berharga untuk pembangunan nasional khususnya sektor waralaba. Apresiasi setinggi-tingginya juga kami sampaikan kepada seluruh pemangku kepentingan waralaba yang telah menjadi mitra kerja pemerintah, kami mengharapkan agar kolaborasi bisa diteruskan dan dapat ditingkatkan,” ujarnya melalui sambutan yang disampaikan secara virtual.

Pameran IFBC 2024 ICE BSD yang di gelar di ICE BSD Hall 1, BSD City, Tangerang berhasil menyerap 12.037 pengujung terhitung dalam tiga hari pameran, mulai dari Jumat (23/2/2024) hingga Minggu (25/2/2024). Tercatat total transaksi sementara mencapai angka Rp 720.506.800.000 miliar dan akan terus bertambah.

Pameran IFBC 2024 ICE BSD juga memberikan apresiasi kepada para pelaku usaha dalam ekosistem IFBC yang telah memberdayakan pertumbuhan pasar serta berkontribusi dalam upaya pengembangan kewirausahaan bisnis di Indonesia.

Apresiasi tersebut terdiri dari “IFBC Most Expansive Business 2024” yang diberikan kepada Wedrink, Erafone, Miniso, Momoyo, dan Mamma Roti. Kemudian “IFBC Business Support 2024”yang diberikan kepada Ralali.Com. Dan yang terakhir adalah “IFBC Emerging Business Opportunity 2024” yang diberikan kepada Taso Indonesia, dan Tomoro Coffee.

Penyelenggaraan pameran IFBC ini diharapkan dapat menjadi pelopor pusat pelayanan kewirausahaan dan waralaba yang turut mendukung terwujudnya pertumbuhan ekonomi nasional seluas-luasnya di seluruh Indonesia. 

Kamu melewatkan kesempatan emas memulai bisnis dengan berbagai penawaran menariknya di ICE BSD? Nantikan kegiatan Info Franchise & Business Concept Expo lainnya yang akan berlangsung di Yogyakarta pada 31 Mei-2 Juni 2024.