Ilustrasi UMKM Kuliner. (Foto: Pexels/Maarten van den)
Ilustrasi UMKM Kuliner. (Foto: Pexels/Maarten van den)

Surabaya, MNEWS.co.id – Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kini telah menjadi tulang punggung ekonomi Jawa Timur. Maka dari itu Himpunan Pengusaha Mikro, Kecil, dan Menengah Indonesia (Hipmikimdo) Jawa Timur mendorong UMKM memakai pasar daring atau online untuk genjot omzet pada 2020. 

“Oleh karena itu hingga saat ini kami terus berupaya membantu para UMKM di Jawa Timur agar tidak kalah bersaing di tahun 2020, salah satunya memanfaatkan teknologi digital,” kata  Ketua Dewan Perwakilan Daerah Himpunan Pengusaha Mikro, Kecil, dan Menengah Indonesia (Hipmikimdo) Jawa Timur, Bambang Wahyuono di Surabaya, Jawa Timur, Senin, (20/1/20).

Bambang mengatakan UMKM telah menjadi tulang punggung perkembangan ekonomi di provinsi itu, jumlah UMKM menyentuh angka 9,7 juta unit usaha. Ia menambahkan bahwa pihaknya akan fokus mendorong UMKM agar bisa semakin pesat lagi pertumbuhannya, dan salah satunya melalui konsep digitalisasi disertai dengan kreativitas yang tinggi. Hal tersebut akan menjadi syarat mutlak untuk bisa menjangkau pasar lebih luas.

Sejak tiga bulan terakhir, Hipmikimdo telah mengembangkan ukmpedia.online, yang yang bisa dimanfaatkan oleh semua anggota Hipmikimdo Jawa Timur untuk menjajaki pasar daring.

“Sampai sekarang belum semua anggota terdaftar ke dalam ukmpedia.online dan baru sekitar 200 UMKM. Oleh karena itu akan terus kami dorong, sebab kendalanya pelaku UMKM yang kurang paham terhadap pasar daring,” kata Bambang.

Dari semua UMKM yang telah terdaftar di laman, mayoritas bergerak di bidang kuliner dan akan terus didorong memproduksi makanan-makanan yang sedang diminati pasar, seperti makanan sehat.  Minimnya UMKM masuk pasar ekspor, kata Bambang, salah satunya disebabkan pembiayaan. Tidak sedikit yang masih kesulitan untuk mengembangkan bisnisnya, kata dia, karena terbentur dana.

“Kami mendukung terkait rencana pemerintah yang akan mengucurkan plafon KUR sampai Rp 200 triliun, sebab kami sangat berharap itu bisa terlaksana, dampaknya pasti akan luar biasa,” ujar Bambang.