Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil. (Foto: Humas Pemprov Jabar)

Bandung, MNEWS.co.id – Kabar gembira untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) datang dari Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil. Kini, pelaku usaha bisa mendesain produknya seperti baju, jaket, sepatu hingga produk otomotif seperti sepeda motor.

“Saya sedang kurasi produk-produk yang akan saya setujui, yang juga saya desain. Dengan 20 juta follower (pengikut di media sosial) saya bisa membantu mempromosikan,” katanya dilansir dari Tempo.

Syaratnya yaitu Emil harus terlibat dalam proses desain produk tersebut, agar dapat terjalin ikatan emosional antara ia dengan produk yang hendak dipromosikan. Syarat ini juga dipilih karena mengingat latar belakang Emil yang berasal dari bidang arsitektur. Selain itu, tawaran kolaborasi mendesain produk dari Emil itu juga dalam rangka mendukung bangkitnya 37 ribu UMKM Jabar yang terdampak pandemi Covid-19.

“Ini beyond marketing. Jadi, selain memasarkan juga menjadi desainer. Itu tawaran saya kepada produk-produk UMKM di Jabar,” ungkapnya.

Bagi para pelaku UMKM di seluruh Indonesia yang berminat mendapat dukungan desain dari Kang Emil, bisa menghubungi Kantor Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jabar di Kota Bandung untuk selanjutnya akan dikurasi dan dipilih.

“Dan ini untuk pelaku UMKM di Jabar dan se-Indonesia, tapi prioritas untuk UMKM di Jawa Barat. Sekarang sudah mulai, tapi supaya terorganisasi bisa kontak ke Dinas KUK (Jabar),” katanya.

Ia menambahkan untuk membangkitkan ekonomi di masa pandemi, pelaku UMKM khususnya di Jabar bisa memanfaatkan beberapa hal, contohnya bantuan akses modal di Bank BJB.

Pemerintah pusat pun telah menyimpan dana Rp2 triliun di Bank BJB untuk membantu memulihkan ekonomi di sektor UMKM Jabar. Selain itu, UMKM bisa membangkitkan ekonominya dengan dukungan terhadap ekosistem baik dari sisi pemasaran maupun kualitas produk, termasuk dengan meningkatkan kualitas dari segi desain produk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here