Semarang, MNEWS.co.id – Tokopedia membuka pusat layanan pengguna Tokopedia Care di Semarang. Gedung Tokopedia Care terbesar di Indonesia ini berada di Pedurungan, Jawa Tengah, Selasa (24/11/20).
Pembukaan Tokopedia Care Semarang dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bersama Vice Chairman dan Co-Founder Tokopedia, Leontinus Alpha Edison, Pjs Wali Kota Semarang, Tavip Supriyantom serta VP of Customer Excellence Tokopedia, Rudy Dalimunthe.
Ganjar mengatakan Pemprov Jawa Tengah mengapresiasi Tokopedia yang mendirikan pusat layanan pengguna di Semarang. Tokopedia Care Semarang juga dapat dimanfaatkan para talenta lokal terbaik di Jawa Tengah untuk berkarya bagi Indonesia melalui teknologi.
Sementara, Vice Chairman dan Co-Founder Tokopedia, Leontinus mengungkapkan kurang lebih 1 dari 5 penduduk di Semarang sudah bertransaksi melalui Tokopedia. “Animo signifikan ini membuat kami melihat adanya kebutuhan membangun Tokopedia Care di berbagai daerah, salah satunya di Semarang, Jawa Tengah,” katanya.
Hal ini juga sebagai perwujudan satu dari tiga DNA Tokopedia, yakni focus on consumer. Ia menambahkan, di Jawa Tengah banyak talenta-talenta potensial yang didukung berbagai universitas dan institusi pendidikan. Nantinya mereka dapat menjadikan Tokopedia sebagai pilihan tempat bekerja.
Tokopedia kini telah menjadi rumah bagi lebih dari 4.500 Nakama (sebutan karyawan Tokopedia). Di sisi lain, ada lebih dari 9,7 juta penjual yang hampir 100 persen UMKM bahkan 94 persennya berskala ultra mikro. Setiap bulannya, perusahaan teknologi buatan Indonesia dengan marketplace terdepan ini dikunjungi lebih dari 100 juta masyarakat yang tersebar di 98 persen kecamatan di Indonesia.
Pusat layanan pengguna Tokopedia Care menerapkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence (AI) melalui chatbot yang dapat membantu menjawab segala pertanyaan pengguna secara lebih cepat dan tepat.
AI ini diklaim menjadikan Tokopedia perusahaan teknologi Indonesia pertama yang mengimplementasikan Digital Customer Service berbasis AI.
“Sesuai dengan komitmen #SelaluAdaSelaluBisa, Tokopedia Care tersedia melalui berbagai kanal, seperti email, media sosial, live chat dan Pusat Resolusi. Sehingga kendala pengguna dapat ditangani secara cepat, tepat dan transparan. Ini demi memberikan layanan terbaik bagi pengguna yang telah memberikan kepercayaan kepada kami karena pada dasarnya Tokopedia adalah bisnis kepercayaan,” kata Rudy selaku VP of Customer Excellence Tokopedia.
Tokopedia Care Semarang menyediakan fasilitas Service Experience Center bagi pengguna yang membutuhkan konsultasi secara langsung. Namun saat pandemi, layanan tatap muka dinonaktifkan sementara demi memenuhi protokol kesehatan dan ikut menekan laju penyebaran virus Covid-19.
Tidak hanya itu Tokopedia Care Semarang memberikan kesempatan bagi siapa pun talenta terbaik di Jawa Tengah. Khusunya untuk pelaku usaha perempuan dan difabel, untuk berkarya bagi Indonesia melalui teknologi.