Kemenkop dan Gojek Akselerasi Pertumbuhan UKM Kuliner Lewat Dapur Bersama. (Foto: Dok. Gojek)

Jakarta, MNEWS.co.id – Pada tahun lalu, Gojek telah menghadirkan inovasi untuk mendukung pertumbuhan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bidang kuliner. Inovasi yang dimaksud adalah dengan menghadirkan layanan Dapur Bersama GoFood.

Dapur Bersama GoFood merupakan ruang kerja yang lengkap dengan fasilitas pendukung untuk restoran dan UMKM kuliner.  Layanan ini terintegrasi dengan sistem teknologi serta layanan pengantaran Gojek. 80 persen peserta Dapur Bersama GoFood adalah mitra berskala UMKM.

Para mitra diklaim mengalami peningkatan transaksi hingga 70 persen setelah bergabung dengan layanan Dapur Bersama GoFood. Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo menyebut, Gojek menjadi mitra terbaik untuk pertumbuhan bisnis UMKM Indonesia.

“Kami konsisten memberikan solusi yang paling lengkap guna membantu pelaku UMKM beradaptasi di tatanan baru dan terus bertumbuh dengan memperluas pasar melalui proses digitalisasi,” kata Andre.

Berbagai solusi yang dihadirkan antara lain teknologi yang memudahkan manajemen operasional bisnis, layanan logistik dan pembayaran, pelatihan keterampilan, hingga fasilitas Dapur Bersama.

Andre menambahkan pihaknya berupaya agar GoFood terus menjadi mitra pertumbuhan bagi UMKM kuliner, terutama melalui inovasi yang membantu meraih peluang seiring perubahan perilaku konsumen dan dinamika pasar.

Dapur Bersama GoFood diluncurkan Oktober 2019. Kini layanan ini beroperasi di 27 lokasi di 3 wilayah, yakni Jabodetabek, Bandung, dan Medan. Total ada 250 outlet yang 80 persennya merupakan UMKM.

Pada masa pandemi, Dapur Bersama GoFood juga memberlakukan protokol keamanan dan standar kebersihan dan kesehatan seusia panduan BPOM.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki menyampaikan, pihaknya mengimbau agar UMKM beradaptasi dan inovasi untuk memasuki masa normal baru, sesuai tuntutan pasar.

“Untuk UMKM kuliner di Indonesia, layanan Dapur Bersama GoFood ini menjawab kebutuhan adaptasi, sekaligus mempersiapkan UMKM untuk naik kelas dan berdaya saing tinggi,” katanya.