Ilustrasi Mitra Gofood. (Foto: Gojek)

Jakarta, MNEWS.co.id – GoFood menghadirkan GoFoodieland, sebuah festival kuliner rasa virtual terbesar di Indonesia yang menghadirkan 30.000 mitra UMKM. Festival ini tidak hanya memanjakan pelanggan untuk menikmati ragam kuliner terbaik, tetapi juga mendorong pertumbuhan bisnis mitra UMKM.

GoFoodieland hadir di sembilan kota besar, yaitu Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Solo, Medan, Bali, dan Palembang. Festival ini merupakan bagian dari gerakan #BangkitBersama untuk mendukung mitra UMKM lokal terus tumbuh di tengah pandemi dengan meningkatkan visibilitas mereka agar menjangkau pasar yang lebih luas lagi.

Global Head Marketing GoFood Ichmeralda Rahman mengatakan, di GoFood, pihaknya terus mencari cara baru untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang semakin mengandalkan layanan pesan-antar makanan online.

“Melalui GoFoodieland, pelanggan tidak hanya dapat mengakses puluhan ribu ragam kuliner nikmat, tapi mereka juga dapat merasakan serunya menjelajah kuliner di tengah suasana festival melalui sejumlah aktivitas seru yang menghibur. Di saat yang sama, kami juga mengajak masyarakat untuk turut mendukung bisnis mitra UMKM di masa pandemi,” kata Ichmeralda.

Sementara itu, Laporan e-Conomy SEA 2021 yang dikeluarkan Google, Temasek, dan Bain Company juga menegaskan adanya peralihan gaya hidup konsumen, termasuk dalam layanan pesan antar makanan. Laporan tersebut menjelaskan bahwa pengguna yang telah menjadi konsumen sebelum pandemi menggunakan layanan digital rata-rata 3,6 lebih banyak sejak pandemi melanda.

Selain itu, laporan yang sama juga menyatakan sebanyak 72% responden menilai layanan pesan-antar makanan mempermudah aktivitas sehari-hari dan 41% menyatakan penggunaan layanan pesan-antar makanan menjadi bagian dari rutinitasnya.

Beragam aktivitas dihadirkan dalam GoFoodieland, seperti kurasi merchant pilihan dalam Foodiecourt, pertunjukan musik dengan bintang tamu Pamungkas dan Rendy Pandugo dalam Foodie Music, review makanan bersama chef Hamzah Ghani Arifin, Gerry Girianza, dan Genki Banget dalam Foodie Review, makan malam virtual bersama artis idola dalam Foodie Star, hingga talk show seru seputar kuliner dalam Foodie Show bersama Dimas Beck dan Ncess Nabati.

Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati lima kategori rekomendasi kuliner dari mitra UMKM yang siap dinikmati pelanggan secara aman dari rumah. Adapun rekomendasi tersebut, yaitu Rekomendasi Juara, berisi kurasi mitra UMKM pilihan yang paling banyak dipesan atau terlaris. Kemudian, Rekomendasi Terbaru, berisi seleksi para mitra UMKM baru yang tak kalah menarik dan patut untuk dicoba. Rekomendasi Populer, berisi mitra UMKM yang banyak disukai oleh pelanggan dengan rating tinggi. Rekomendasi Legenda, berisi kurasi mitra UMKM ikonik yang menjadi kebanggan lokal di setiap kota. Terakhir, Rekomendasi Viral, berisi seleksi kuliner yang lagi tren dan sedang naik daun dari mitra UMKM.

Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Siti Azizah mengapresiasi langkah dukungan yang dihadirkan GoFood untuk mitra UMKM melalui GoFoodieland.

“Kreativitas di tengah keterbatasan di masa pandemi tentunya menjadi angin segar bagi konsumen untuk melakukan petualangan kulinernya. Oleh karena itu, kami harap GoFoodieland yang dikemas secara menarik,” kata Siti.

Ia juga menambahkan, festival ini menjadi sarana pelepas rindu bagi penikmat kuliner yang juga akan berdampak positif bagi para UMKM kuliner. Agar dapat terus bertahan dan tumbuh di masa penuh tantangan. Yang mana hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk terus mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Di sini para pengunjung festival akan dimanjakan dengan sejumlah promo menarik. Promo yang dihadirkan mulai dari diskon sampai dengan Rp70 ribu dan gratis ongkir, diskon Rp40 ribu khusus pelanggan baru dengan menggunakan kode “GOFOODINAJA”, serta kode voucher total ratusan juta yang bisa ditemukan setiap hari di GoFoodieland.

Selain itu, pelanggan dengan pemesanan terbanyak juga bisa berkesempatan meraih hadiah voucher senilai Rp500 ribu untuk 50 pelanggan terpilih. Bahkan pelanggan juga berkesempatan untuk menikmati makan bareng virtual dengan artis papan atas dengan bertransaksi senilai Rp300 ribu selama periode 9-23 November 2021.