Ilustrasi kuliner. (Foto: Disbudpar Aceh)

Banda Aceh, MNEWS.co.id – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh segera melaksanakan Aceh Culinary Festival (ACF) 2021, karena masih dilanda pandemi COVID-19 kegiatan ini akan dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Aceh Food Apps.

“ACF kali ini kembali hadir lewat inovasi baru, yakni dengan memperkenalkan sebuah aplikasi festival kuliner virtual yang diberi nama Aceh food Apps,” kata Kepala Disbudpar Aceh Jamaluddin dikutip dari laman Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh.

Jamaluddin mengatakan, aplikasi Aceh food Apps ini dikembangkan oleh tim pengembang perangkat lunak asal Aceh, dan dijadwalkan segera tersedia di App Store atau Play Store akhir Agustus nanti.

Melalui aplikasi ini diharapkan juga dapat mendorong pemberdayaan UMKM di sektor kuliner Aceh, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menjaga dan melestarikan tradisi dan budaya kuliner Aceh serta menjadikan Aceh sebagai salah satu destinasi wisata kuliner unggulan di Indonesia.

“Ini menjadi misi ACF sejak pertama kali diluncurkan. Tekad inovatif tim ACF ini telah menobatkan sebagai salah satu event paling inovatif kharisma event nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2021,” ujarnya.

Nantinya, aplikasi tersebut menawarkan sebuah pengalaman baru yang berbeda dari tahun sebelumnya. Meski pengunjung hanya bisa mendatangi stand-stand pameran favoritnya secara virtual, namun juga memungkinkan penggunanya melakukan pemesanan makanan dan mencicipinya via layanan pesan antar.

“Walau belum bisa melayani semua daerah di Aceh, kehadiran layanan click and pay ini hanya baru akan tersedia untuk wilayah Kota Banda Aceh dan sebagian Aceh Besar,” tambah Jamaluddin.

Sementara itu, Kepala Bidang Sejarah dan Nilai Budaya Disbudpar Aceh Evi Mayasari mengingatkan bahwa panitia juga membuka pendaftaran untuk merchant di aplikasi Aceh Food Apps.

“Tempat yang tersedia sangat terbatas sehingga nantinya semua formulir yang masuk akan mengikuti proses seleksi, makanan dan minuman khas tradisional akan menjadi kriteria utama untuk dikurasi dan seleksi,” kata Evi.

Evi menambahkan bahwa panitia sudah membuka pendaftaran bagi para UMKM kuliner yang ingin bergabung menjadi merchant pada aplikasi tersebut, secara gratis dan sangat mudah, dengan mengisi formulir pendaftaran di bit.ly/FormulirMerchantACF2021.

“Mari kita dukung Aceh culinary festival goes virtual 2021, mari menjadi bagian pengalaman baru festival kuliner virtual di Aceh,” ungkapnya.