Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid meninjau pelaksanaan Catering Academy di Graha Kadin Kota Bandung, Jumat (14/4/2023). (Foto: Istimewa)

MNEWS.co.id – Kadin Kota Bandung menghadirkan sebuah program unggulan bernama Catering Academy untuk membantu para perempuan pelaku UMKM di bidang kuliner dan gastronomi.

Menurut Iwa Gartiwa, Ketua Kadin Kota Bandung, mereka merasa senang karena banyak pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) perempuan yang turut serta dalam program Catering Academy tersebut.

rogram Catering Academy sendiri, merupakan program yang berfokus pada kategori pemberdayaan perempuan melalui pelatihan pengembangan kemampuan gastronomi dan usaha bidang kuliner. 

Anggota-anggota program Catering Academy adalah perempuan yang memiliki ketertarikan dalam bidang kuliner dan akan menjalani pelatihan yang diisi oleh praktisi kuliner yang berpengalaman sehingga kemudian dapat membangun UMKM di bidang jasa katering. 

“Melalui program Catering Academy, para pelaku usaha UMKM perempuan di kota Bandung dapat belajar dan meningkatkan kualitas usaha kateringnya. Tak hanya itu, program ini juga menjadi wadah untuk berinovasi bagi para pelaku usaha di era digital,” ujar Iwa dikutip MNEWS.co.id dari laman Rejabar, Jumat (14/4/2023).

Sejak 2020, lanjut Iwa, jumlah peserta Catering Academy terus meningkat setiap tahunnya dengan data terakhir per tahun 2023 telah mencapai lebih dari 2,700 peserta.

Program Catering Academy tidak hanya berfokus pada dasar pembuatan produk, namun juga akan mengajarkan para peserta cara menerapkan strategi marketing agar mereka dapat belajar cara memasarkan produk dengan lebih luas lagi.  

Iwa mengatakan jika pemilihan pelatihan bidang kuliner ini dipengaruhi oleh budaya dan menjadi salah satu sektor perekonomian di Kota Bandung yang berkembang dengan pesat.

Selain itu, dengan kemajemukan jenis kuliner tradisional di Kota Bandung diharapkan dapat turut memperkuat ketahanan pangan di Kota Bandung.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid ingin menjadikan sinergi dengan Kadin seluruh Indonesia sebagai langkah untuk memperkuat perekonomian daerah serta nasional. 

Melalui ajang Kadin Impact Award (KIA), kata dia, Kadin Indonesia mengajak seluruh Kadin provinsi, kabupaten, dan kota se-Indonesia untuk bersinergi dan memajukan program-program unggulan yang berdampak di daerahnya. 

Setelah melakukan kunjungan pertama pada 23 Maret 2023 lalu, Arsjad Rasjid beserta tim penilai Kadin Impact Award melanjutkan kunjungan untuk meninjau Catering Academy.

Arsjad menilai, perempuan memiliki peranan penting dalam berbagai aspek kehidupan. Jadi, penting bagi semua untuk menyadari bahwa perempuan memiliki peran yang besar dalam pemulihan ekonomi, baik dalam skala nasional maupun global. 

“Program Catering Academy yang diinisiasi Kadin Kota Bandung ini memiliki potensi untuk membantu menaik kelaskan UMKM perempuan yang awalnya memulai usaha dari skala kecil hingga terus menjadi lebih berkembang,” katanya.

Arsjad pun mengapresiasi program Catering Academy ini karena secara aktif mendorong pemberdayaan perempuan.

“Program ini harus kita dukung untuk terus berkembang, melihat Jawa Barat menduduki peringkat pertama sebagai provinsi dengan UMK makanan dan minuman nomor satu secara nasional dengan kota Bandung sebagai salah satu kontributor terbesarnya,” papar Arsjad.