Pekerja sedang membuat sandal. (Foto: Enggran Eko Budianto)

Surabaya, MNEWS.co.id – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menggagas kampanye “Jatim Bangkit” untuk mendongkrak sektor pariwisata dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di tengah pandemi.

Terkait hal itu, Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) V Jember mengunjungi Kota Probolinggo untuk menyusun paket wisata terpadu sebagai perwujudan kampanye “Jatim Bangkit”.

Dalam kunjungannya, Ketua Bakorwil V Jember R. Tjahjo Widodo ditemui oleh Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Probolinggo Paini, para staf ahli wali kota, para asisten, kepala perangkat daerah di lingkungan Pemkot Probolinggo. Selain itu, hadir pula perwakilan dari Bakorwil I Madiun, Bakorwil II Bojonegoro, Bakorwil IV Pamekasan, Dinas Perhubungan Jawa Timur dan pegiat pariwisata di Provinsi Jatim.

“Kebangkitan ekonomi Jatim tidak hanya terfokus pada destinasi wisata saja, namun juga pada kebangkitan ekonomi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM),” ujar R. Tjahjo Widodo di Kota Probolinggo, dikutip dari laman Pemprov Jawa Timur.

Tjahjo berharap dalam upaya mendongkrak perekonomian di masa pandemi, tidak hanya tempat wisata saja yang dikunjungi, tetapi juga sentra UKM yang ada di Kota Probolinggo dan kabupaten atau kota yang ada di bawah Bakorwil V.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan Sekda Kota Probolinggo Paini mengatakan pemerintah kota maupun masyarakat sudah menunggu program paket wisata terpadu yang akan disusun Pemprov Jatim.

“Kami berharap dalam waktu yang tidak terlalu lama bisa diwujudkan karena ditunggu oleh pemerintah dan kawan-kawan pelaku dan penggerak wisata,” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa masa pandemi Covid-19 mengakibatkan ekonomi masyarakat terpuruk. Sehingga Pemkot Probolinggo berupaya membangkitkan kembali perekonomian daerah, salah satunya melalui sektor pariwisata.

“Salah satu upaya meningkatkan geliat pariwisata, kami melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata telah menggagas tujuh destinasi wisata di Kota Probolinggo,” tambahnya.

Destinasi wisata tersebut yakni Museum Rasulullah, Bee Jay Bakau Resort (BJBR), Pelabuhan Tanjung Tembaga/PPI, situs cagar budaya, batik kuno Probolinggo, Pantai Permata dan wisata seni tari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here