Ilustrasi Facebook. (Foto: Freepik/jannoon028)

Jakarta, MNEWS.co.id – Keberadaan marketplace sangat membantu dalam penjualan produk, salah satunya yaitu Facebook. Selain fungsi utamanya sebagai media sosial, Facebook juga punya fitur yang memungkinkan Anda untuk jual dan beli. Melalui fitur Facebook Marketplace Anda dapat menjual produk sampai mengiklankannya biar laris dibeli orang.

Didukung dengan perilaku masyarakat yang lebih memilih berbelanja via online, Facebook Marketplace merupakan salah satu tempat yang tepat untuk Anda pilih sebagai tempat untuk menjajakan produk usaha secara online.

Untuk berjualan di Facebook Marketplace terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Dikutip dari Moka, berikut beberapa kiat untuk berjualan melalui Facebook Marketplace.

Gunakan nama yang menarik
Menggunakan nama brand yang menarik adalah satu kunci untuk menggapai kesuksesan. Para konsumen tentu saja tidak akan tertarik untuk membeli produk apabila nama brand Anda tidak menarik atau cenderung asal-asalan. Pikirkan matang-matang dalam membuat nama brand karena nama itu akan Anda bawa selamanya.

Berikan informasi yang lengkap
Kemudahan dalam menggunakan Facebook Marketplace membuat platform ini juga diisi oleh banyak penjual lainnya sehingga persaingan semakin ketat. Oleh karena itu, cara jualan online yang sangat disarankan ialah ciptakan beberapa keunggulan, seperti memberikan informasi produk yang lengkap dan menarik.

Konsumen lebih mudah tertarik dengan produk yang memiliki informasi yang jelas dan lengkap. Membangun kepercayaan terhadap konsumen tentu saja akan sangat penting untuk meningkatkan penjualan produk Anda.

Gunakan hashtags
Menggunakan hastags atau tagar dalam setiap informasi produk di Facebook Marketplace akan dapat membantu produk Anda lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan. Hashtags akan membantu mengelompokan jenis produk agar lebih mudah untuk dilihat oleh pelanggan.

Memudahkan konsumen untuk menemukan produk Anda, sudah pasti akan menaikan jumlah penjualan produk Anda. Jangan malas untuk membuat hastags atau tagar sedetail mungkin namun jangan juga Anda asal-asalan memasukan hashtags produk Anda.

Selalu respons pesan dari pembeli
Jangan pilih-pilih dalam menanggapi pesan-pesan yang masuk ke inbox akun Facebook Anda. Selalu balas tiap pesan yang masuk sekalipun ujung-ujungnya hanya bertanya. Seperti yang dijelaskan tadi, semakin cepat Anda dalam membalas respons bakal dihargai Facebook dengan pemberian lencana “Sangat Responsif”. Ini tentunya bagus buat usaha jualan Anda, sebab nantinya pembeli cenderung membeli barang produk Anda karena cepat merespons.

Gunakan foto yang menarik
Ingat, foto adalah yang pertama kali calon konsumen lihat. Pengguna media sosial saat ini cenderung lebih mudah bosan dan scroll halaman hanya dalam waktu beberapa detik saja. Apabila foto Anda menarik pastinya itu akan menjadi hook untuk menggaet calon pelanggan Anda.

Pelajari dahulu cara jualan online yang satu ini dan pastikan foto yang dihasilkan memang layak dipublikasikan. Nah, untuk memperdalam skill fotografi Anda, Anda bisa mempelajarinya melalui YouTube atau bahkan TikTok.

Manfaatkan layanan Facebook ads
Facebook juga menyediakan layanan Facebook ads yang pastinya memberi hasil yang lebih optimal. Selama punya modal yang cukup, selama itu pula Anda bisa cetak untung dengan menggunakan layanan Facebook ads.

Biayanya sendiri bervariasi, tergantung dari Facebook. Biasanya penetapan biaya bergantung pada audiens yang disasar dan biaya per klik atau cost per click (CPC). Makin banyak yang klik, makin murah biaya yang dikeluarkan.

Facebook Marketplace menjadi wadah bagi seseorang untuk menemukan, membeli, dan menjual barang. Dengan mendaftar di Marketplace, Anda dapat menjangkau pembeli lebih banyak audience.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here