Bank BRI melanjutkan komitmen mendukung UMKM dengan meluncurkan Localoka, kegiatan showcase yang menampilkan outlet produk klaster usaha dan UMKM binaan BRI. (Foto: dok. BRI)

Jakarta, MNEWS.co.id – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) (BRI) Tbk melanjutkan komitmen mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan meluncurkan Localoka yang memberdayakan kelompok usaha binaan.

Localoka adalah kegiatan showcase yang menampilkan outlet produk klaster usaha dan UMKM binaan BRI. Dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting dan Direktur Bisnis Mikro BRI Supari, acara diselenggarakan di area Gedung Kantor Pusat BRI pada Jumat (17/12/21), bersamaan dengan kegiatan Bazaar Klaster Mantriku dan penyerahan sertifikasi halal yang dilaksanakan rutin setiap bulan.

Supari mengatakan, Localoka dihadirkan sebagai agregator pemasaran produk kelompok usaha binaan BRI.

“Kegiatan ini sebagai journey pemberdayaan kelompok usaha binaan BRI. Dengan mengkonsolidasikan mereka, bertahap mulai dari mini pameran yang diadakan setiap bulan, yaitu Bazaar Klaster Mantriku, hingga terbentuknya Localoka,” kata Supari.

Berbagai produk dijual pada kegiatan tersebut, mulai dari buah, sayur, frozen food, juga makanan ringan. Supari menjelaskan kehadiran Localoka bertujuan agar produk klaster dapat dikenal lebih luas.

Selama ini, pemasaran produk klaster masih terbatas di wilayah domisili kelompok usaha dengan media pemasaran produk yang masih tradisional, sehingga kurang dikenal oleh masyarakat luas.

Ia optimis, Localoka akan dapat memperkuat culture tenaga pemasar BRI, khususnya mantri sebagai advisor UMKM.

“Program ini juga mampu me-leveraging market access produk kelompok usaha binaan, customer base acquisition and loyality, serta menjadi role model pengelolaan business account bagi Mantri untuk merambah online dan go global,” pungkasnya.