MNEWS.co.id – Di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan tren belanja online, industri personal care dan beauty lokal di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat menggembirakan pada tahun 2023.
Berdasarkan catatan dari Lazada, kategori perawatan diri (personal care) dan kecantikan (beauty) merupakan salah satu kategori popular dalam pemenuhan kebutuhan produk sehari-hari konsumen Indonesia. Berbagai brand personal care dan beauty internasional maupun lokal menjadi ujung tombak pertumbuhan pesat kategori ini di e-commerce.
2023 menjadi tahun dengan lonjakan signifikan dalam kategori FMCG, termasuk produk personal care dan kecantikan, dengan perkiraan pertumbuhan sebesar 9,9% YoY.
Lazada, melalui platform unggulannya, LazMall, memberikan beragam pilihan bagi konsumen yang semakin sadar akan brand lokal yang populer di sektor ini.
Dengan pemahaman yang mendalam tentang preferensi konsumen serta semakin populernya produk personal care dan beauty, Lazada mempertegas komitmennya untuk membantu brand lokal meraih kesuksesan di pasar yang terus berkembang pesat di Indonesia.
Lia Kurtz, Category Director, LazMall FMCG, Lazada Indonesia mengatakan, kategori FMCG merupakan kategori yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat dan sejak lepas pandemi, kebiasaan untuk berbelanja online tidak berkurang bahkan untuk kebutuhan sehari-hari semakin banyak yang lebih nyaman berbelanja online di platform-platform yang terpercaya.
Lia mengatakan, meningkatnya kesadaran masyarakat akan personal care dan beauty juga mendorong munculnya brand-brand lokal yang merebut perhatian serta sangat diminati oleh pembeli.
“Hal ini yang mendorong pertumbuhan di kategori FMCG Lazmall Lazada. Berbagai brand baik internasional dan lokal berlomba-lomba untuk memperkenalkan produk-produknya melalui platform ecommerce seperti Lazada untuk memperluas jangkauan pasar dan tentunya pertumbuhan bisnisnya,” ujar Lia dilansir MNEWS.co.id dari keterangan pers Lazada.
Pada tanggal 31 Agustus 2023 lalu di Singapura, Lazada menyelenggarakan acara tahunan LazMall Brands Future Forum (BFF) yang memberikan wawasan penting mengenai prediksi dan cara mengatasi tantangan di masa depan untuk brand-brand yang menampilkan pembicara ahli di bidang ecommerce serta pimpinan dari berbagai brand dari Asia Tenggara serta global.
Dalam kesempatan ini, Lazada juga memberikan penghargaan kepada brand lokal, termasuk yang bergerak di sektor perawatan pribadi dan kecantikan. Hanasui yang memiliki lini produk personal care dan decorative, adalah salah satu beauty brand lokal Indonesia yang menerima penghargaan “LazMall Superstar Award” di LazMall BFF 2023 karena kinerja kerja sama dengan Lazada yang berjalan dengan baik.
Ratna Purwaningrum, selaku eCommerce Manager dari PT Eka Jaya Internasional (Hanasui) mengatakan, LazMall telah memberikan dampak yang signifikan bagi Hanasui dengan membantu meningkatkan brand awareness melalui eksposur yang strategis, serta peningkatan penjualan yang substansial.
“Beberapa produk base make up kami juga diluncurkan secara eksklusif di Lazada dan selalu menghasilkan kinerja yang sangat baik,” tutup Ratna.