Kopi Fest Indonesia 2023. (Foto: Dok/Kopi Fest Indonesia 2023)

MNEWS.co.id – Kopi bukan sekadar minuman bagi banyak orang di Indonesia, tapi sudah menjadi bagian dari budaya dan cerita masyarakat di tiap wilayah.

Dari Aceh hingga Papua, kita bisa menemukan berbagai jenis biji kopi yang diolah dengan beragam teknik, menciptakan beragam rasa yang menggugah selera. Dari biji kopi robusta yang kuat hingga biji arabika yang lembut, selalu ada cerita tersendiri bagi setiap penikmat kopi.

Berdasarkan data lembaga survei Euromonitor, tren kopi di Indonesia hingga 2023 diprediksi belum akan surut, tapi justru akan mengalami peningkatan hingga empat persen.

Hal ini menunjukkan antusiasme masyarakat Indonesia di bidang kopi semakin meningkat dari tahun ke tahunnya.

Sebagai catatan, berdasarkan data riset dari insight.toffin.id yang mencakup kedai-kedai modern (kedai di kota besar, tidak termasuk kedai kopitiam), jumlah kedai kopi di Indonesia pada Agustus 2019 mencapai lebih dari 2.950 gerai, meningkat hampir tiga kali lipat dibandingkan pada 2016 yang hanya sekitar 1.000.

Asosiasi Pengusaha Kopi dan Cokelat Indonesia (APKCI) memperkirakan, pada tahun 2023, jumlah kedai kopi di Indonesia akan mencapai 10 ribu toko dengan pendapatan dari bisnis coffee shop diperkirakan akan mencapai Rp80 triliun.

Baca Juga: Kupas Tuntas Cara Meningkatkan Profit Usaha Kedai Kopi

Merespons tren tersebut, Otten Coffee dan Rasa Group berkolaborasi menghadirkan Kopi Fest Indonesia 2023, sebuah acara untuk mengumpulkan para pecinta kopi, pelaku usaha, dan masyarakat Indonesia yang memiliki ketertarikan di sana.

Uniknya, festival ini juga dirancang untuk pengunjung yang sekadar ingin merasakan pengalaman “ngopi” baru.

Kopi Fest Indonesia 2023 akan mengunjungi empat kota besar di Indonesia, yakni Medan, Semarang, Bandung, dan Jakarta, dalam sebuah rangkaian roadshow. Festival ini telah mengawali rangkaian acaranya di Medan pada tanggal 5 Juli 2023 lalu dan sukses menarik perhatian lebih dari 100.000 pengunjung.

Selain menjadi ajang berkumpulnya para pecinta, penikmat, dan pelaku industri kopi, Kopi Fest Indonesia juga akan memboyong dua kompetisi bergengsi di dunia kopi, yakni Indonesia AeroPress Championship 2023 dan Barista Innovation Challenge 2023.

Dua kompetisi ini kerap menarik perhatian dan menjadi perbincangan di kalangan para penggiat kopi.

“Indonesia AeroPress Championship sendiri merupakan kompetisi yang telah kami adakan sebelumnya sebagai pemegang lisensi resmi di Indonesia. Tahun ini kami akan menghadirkan lebih banyak peserta dari seluruh Indonesia. Pemenang kompetisi ini akan dikirimkan untuk unjuk gigi di kompetisi tingkat dunia yang diadakan di Melbourne, Australia sebagai perwakilan dari Indonesia,” ungkap Jhoni Kusno, CEO dan Co-founder Otten Coffee di pembukaan Kopi Fest Indonesia 2023 Semarang.

Tidak kalah menariknya, Barista Innovation Challenge (BIC) 2023 juga akan tampil dengan skala lebih besar dari tahun sebelumnya. Kali ini, kompetisi ini akan menantang para barista berprestasi di Indonesia untuk saling menunjukkan bakatnya.

“Seperti tahun lalu, dengan diadakannya BIC, kami mengharapkan bisa mendapat varian resep cita rasa kopi yang membawa ciri khas Indonesia dan rasa yang bersaing di kancah luar negeri di BIC tahun ini,” jelas Sherley Ruslie, Managing Director Rasa Group.

Kopi Fest Indonesia 2023 juga berkolaborasi dengan BCA Bangga Lokal untuk mengangkat UMKM di berbagai daerah, sebuah hal yang tak akan ditemui di acara lain.

Para pengunjung dapat menikmati banyak sekali diskon dan promosi dari merek favorit mereka, terutama untuk tenant makanan dan minuman.

“Kami ingin membawa nama baik UMKM Indonesia, khususnya yang bergerak di bisnis kopi dalam Festival Kopi Indonesia,” kata Budi Rahardjo, Vice President Kantor Fungsional Perbankan Transaksi BCA Semarang.

Setelah perhelatan Kopi Fest Indonesia 2023 di Semarang pada tanggal 23-27 Agustus 2023, acara ini akan berlanjut di Bandung pada 20-24 September 2023, lalu ditutup dengan perhelatan di Jakarta, 4-8 Oktober 2023.