Aplikasi Blibli Mitra. (Foto: Kumparan)

Jakarta, MNEWS.co.id – Setahun lalu, eCommerce lokal Blibli menghadirkan omni-channel Blibli Mitra untuk membantu lebih banyak pelaku UMKM go digital. Kini, menurut data internal Blibli per Oktober 2020, 16.000 pelaku UMKM yang terdiri dari pemilik warung dan toko kelontong di Indonesia telah tergabung dengan Blibli Mitra. Dukungan untuk pemilik warung dan toko kelontong ini diwujudkan Blibli dalam kehadiran aplikasi terpisah bernama Blibli Mitra.

Vice President Offline-to-Online Blibli David Michum mengatakan melalui Blibli Mitra, pengusaha mikro dapat menghubungkan toko offline ke ekosistem online. Blibli menyediakan 12 produk digital, termasuk pulsa, paket data, voucher game, token listrik, BPJS dan PDAM.

“Blibli Mitra menyediakan solusi teknologi online-to-offline, atau O2O, bagi usaha mikro di seluruh Indonesia agar mereka dapat mengatur usaha mereka secara efisien serta meningkatkan daya saing dengan go digital,” kata David dilansir dari Kumparan.

David menambahkan sebagai platform e-commerce Indonesia, Blibli mendukung percepatan adopsi teknologi oleh usaha mikro agar memperkuat resiliensi mereka terhadap pandemi. “Terlebih lagi, keberlanjutan usaha mikro dan toko kelontong krusial bagi pemulihan ekonomi Indonesia karena mereka menjaga perputaran ritel di tingkat terkecil,” tambahnya.

Melalui mitra toko yang tersebar di 333 kota dan kabupten, Blibli Mitra telah melayani kebutuhan 1 juta pelanggan untuk produk digital dan consumer goods. Melihat peningkatan ini, Blibli Mitra pun menargetkan pertumbuhan mitra toko sebesar 2 kali lipat pada penutupan tahun di Desember 2020, jika dibandingkan dengan posisi saat Oktober 2020.

Demi membantu menjaga ketersediaan barang toko dan perputaran bisnis para mitra, Blibli Mitra menawarkan pengiriman cepat yang difasilitasi oleh layanan logistik end-to-end, yaitu Fulfillment By Blibli (FBB) yang didukung oleh 20 warehouse dan 32 hub di seluruh Indonesia. Layanan pengiriman pun disediakan dengan gratis untuk menghemat biaya operasional para mitra.

Selain itu Blibli Mitra juga menyediakan berbagai fitur pengaturan bisnis, antara lain cash flow management, pemantau keuangan, serta loyalty gamification dan promo dari brand, agar mitra toko bisa menjalankan usaha secara efisien. Selain itu, Blibli Mitra mendorong digital upskilling melalui pendampingan mitra secara intensif serta menyediakan akses ke seller care 24 jam.

“Kedepannya, kami ingin meningkatkan inklusi finansial pengusaha mikro dengan menjalin kemitraan bersama lembaga keuangan, selain mengembangkan opsi pembayaran, termasuk cash-on-delivery (COD). Mitra toko juga diharapkan dapat mengikuti program Affiliate yang dapat meningkatkan pendapatan mereka ke depannya,” ujar David.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here